Home Lintas Jateng Polrestabes Dan Disperindag Sidak Beras Palsu

Polrestabes Dan Disperindag Sidak Beras Palsu

Sidak beras
Sidak beras
Sidak beras


Semarang, 25/5 (BeritaJateng.net) – Petugas Gabungan Satuan Reskrim Polrestabes Semarang bersama pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang melakukan sidak di sejumlah kios penjual beras di wilayah Kota Semarang.

Petugas yang satu per satu mendatangi kios beras tersebut langsung mengecek dengan melakukan uji coba di lokasi. Seperti menggigit beras tersebut, untuk memastikan beras tersebut bukan beras plastik. Atau bisa juga dengan cara memasukan sebagian butir-butir beras tersebut ke dalam botol berisi air.

“Kita langsung uji dilokasi, dengan beras dimasukan ke dalam botol air. Hasilnya beras terendam semua. Jadi kalau terapung itu dipastikan mengandung plastik,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Sugiarto.

Lebih lanjut dalam sidak menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan adanya indikasi beras plastik supaya lapor ke Polsek.

“Jika ada beras indikasi plastik laporkan saja pada instansi terkait. Supaya nanti kita koordinasikan untuk mendeteksi keberadaannya,” tuturnya.

Sementara itu, Dewi suciati (25) pemilik Toko Pak Tani Jalan Abdurahman Saleh No 189 yang menjadi sasaran sidak mengeluhkan karena adanya isu beras plastik semua pembeli menanyakan hal tersebut dan waswas membeli beras.

“Ya semua pembeli disini, kalau mau beli memastikan dulu  berasnya aman atau tidak,” ujarnya.

Terpisah Harta (33) pedagang beras di jalan Suyudono mengaku untuk mengantisipasi beras plastik masuk di kiosnya, dirinya memilih penyetok beras dari distributor yang terpercaya. Meski begitu, tak sedikit dari konsumennya yang menanyakan beras apakah beras tersebut beras plastik atau bukan.

“Kita selalu ambil beras dari distributor yang sudah kami kenal, selain itu kita tidak ambil,”  pungkasnya.(BJ04)