Home Lintas Jateng Polresta Pekalongan Intensifkan Operasi Truk Kelebihan Muatan

Polresta Pekalongan Intensifkan Operasi Truk Kelebihan Muatan

(dok.)

Pekalongan, 14/11 (BeritaJateng.Net) – Kepolisian Resor Pekalongan, Jateng, terus mengintensifkan operasi truk yang kelebihan muatan barang terkait dengan adanya perbaikan Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang.

Kepala Polresta Pekalongan, AKBP Lutfhie Sulistiawan, Jumat (14/11), mengatakan bahwa operasi itu bertujuan menurunkan tingkat kerawanan kecelakaan, kemacetan, dan pelanggaran lalu lintas kendaraan .

“Selain itu, operasi tersebut juga untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas serta meniadakan pungutan liar sebagai dampak perbaikan sisi utara Jembatan Comal,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bagian Operasional, Kompol Sri Sumardi mengatakan operasi “Comal Candi II 2014” ini akan berlangsung hingga 24 November mendatang.

“Sebanyak 45 personel dari unsur Sabhara dan Satlantas akan dikerahkan dalam operasi ini di sepanjang jalur pantai utara,” katanya.

Ia mengatakan sejumlah ruas jalur yang rawan terjadi kemacetan antara lain Jalan Gajahmada, Jalan Setiabudi, serta Jalan Jenderal Sudirman.

Kerawanan arus lalu lintas kendaraan, kata dia, karena anatomi ruas jalan tersebut yang didominasi truk-truk yang melebihi batas muatan, banyak angkutan umum mangkal di pinggir jalan, arus lalu lintas majemuk, traffic light yang berdekatan, persimpangan padat arus, dan minimalnya jumlah rambu larangan berhenti/parkir.

Ia mengatakan ruas jalur pantura yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas antara lain Jalan Dr Sutomo, Jenderal Sudirman, serta Jalan Raya Pacar, dan Jalan Gajahmada.

“Penyebabnya, antara lain selain jalur ini didominasi truk-truk besar yang melebihi batas muatan juga karena kurang tertibnya pengguna jalan. Rendahnya ketaatan pengemudi terhadap peraturan lalu lintas, banyak pertokoan, juga karena banyak penyeberang jalan khususnya kendaraan roda dua dari akses jalan yang sangat membahayakan,” katanya. (ant/pri)

Advertisements