Home Lintas Jateng Polresta Buka Posko Pengamanan di Pasar Klewer

Polresta Buka Posko Pengamanan di Pasar Klewer

Solo, 29/12 (Beritajateng.net) – Kepolisian Resor Kota Surakarta siap memberikan pelayanan terhadap ribuan pedagang dengan mendirikan posko pengamanan dan pengaduan di lokasi kebakaran Jalan Dr Rajiman Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Senin.

Posko yang dijaga sejumlah petugas Polresta Surakarta selama 24 jam tersebut menerima pengaduan dan melayani para pedagang Pasar Klewer terkait kios-kiosnya yang menjadi korban kebakaran baik untuk pengamanan saat mengevakuasi barang dagangan atau brangkas yang berisi barang berharga dari lokasi kebakaran.

Menurut Wakil Kepala Polresta Surakarta AKBP Guritno Wibowo, posko ini didirikan untuk pengemanan paskakebakaran dan juga melayanan pengaduan para pedagang yang menjadi korban musibah ini.

Menurut Guritno, para pedagang yang hendak melihat ke kios atau losnya harus mendaftarkan diri ke posko dengan menunjukan kartu identitas (KTP) dan memperlihatkan surat memiliki tempat di Pasar Klewer.

“Para pedagang yang ingin mengambil barang yang masih bisa diselamatkan akan diantarkan petugas ke kiosnya, tetapi bagi lokasi yang terbakar habis masih dilarang karena kondisinya masih panas dan berhabaya bagi masyarakat,” kata Guritno saat menijau di lokasi kebakaran.

Kasubag Humas Polresta Surakarta Sis Raniwati mengatakan, para pedagang yang hendak mengambil barang harus didata oleh petugas dan kemudian mereka diantar ke lokasi kiosnya.

Jumlah pedagang Pasar Klewer yang sudah mendaftakan ke Posko kebakaran hingga pukul 12.30 WIB sudah mencapai sebanyak 200 pedagang. Mereka harus mengantrean sesuai dengan identitas pendaftaran.

Namun, para pedagang yang diizinkan masuk ke lokasi kebakaran untuk menyelamatkan barang daganganya bagi mereka yang kiosnya selamat dari kobaran api.

“Kami mendapatkan informasi dari petugas pemadam kebakaran bahwa api sudah dinyatakan padam, Senin, sekitar pukul 06.30 WIB. Sehingga, posko pengamanan didirikan untuk memudahkan membantu para pedagang paskakebakaran.

Salah satu pedagang Pasar Klewer, Soleha Rahayu (40) warga Solo Baru, mengatakan, kiosnya di Blok D nomor 36 ludes dilalap api yang terjadi pada Sabtu (27/12) sekitar pukul 19.45 WIB.

“Saya diberitahu Pasar Klewer kebakaran sekitar pukul 20.00 WIB. Namun, saya hanya pasrah daganganya yang semuanya pakain jadi fashion seluruhnya terbakar habis. Kerugian di kiosnya diperkirakan mencapai Rp300 juta,” kata Rahayu antrean di lokasi kebakaran.

Namun, dirinya tidak diizinkan masuk ke dalam kiosnya yang letaknya di tengah-tengah lantai satu karena kondisinya sudah ludes dilalap api. Sehingga, barang daganganya tidak ada lagi yang bisa diselamatkan.

Hal senada, juga dirasakan pedagang lainnya, Dian (33), kiosnya juga senasib dengan milik saudaranya, Rahayu, dan tidak ada barang daganganya yang tersisa akibat kebakaran itu.

“Kami mengalai kerugian mencapai sekitar Rp300 juta. Padahal, kondisi pasar sedang ramai karena bersamaa perayaan Natal dan Tahun Baru, sehingga stop barangnya cukup melimpah untuk pelayani pelanggannya,” kata Dian.

Namun, dirinya hanya bisa pasrah karena semuanya musibah sama yang dialami dengan ribuan pedagang lainnya. (ant/BJ)

Advertisements