Home Lintas Jateng Polres Purbalingga Siapkan Enam Pos Pengamanan Lebaran

Polres Purbalingga Siapkan Enam Pos Pengamanan Lebaran

Rakor persiapan lebaran di Mapolres Purbalingga

Purbalingga, 8/7 (BeritaJateng.net)   – Menjelang lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah, Polres Purbalingga menyiapkan 6 Pos Pam Operasi Ketupat Candi 2015. Hal ini diungkapkan Kapolres Purbalingga AKBP Anom Setyadi dalam Rakor Lintas Sektoral persiapan pengamanan Idul Fitri di Aula Mapolres setempat, Rabu (8/7).

Kapolres merinci, enam Pospam itu didirikan di sejumlah lokasi dengan tingkat kerawanan cukup tinggi. Yakni di jalur Bayeman kecamatan Karangreja, yang semula berada di titik rawan terjadinya kecelakaan digeser lebih keatas untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan adanya kerawanan.

“Konsentrasi kita ada di Pos Bayeman karena di jalur ini paling tinggi tingkat kerawanannya. Kita minta unsur kekuatan lainnya juga dapat terkonsentrasi disana,” ujar Kapolres AKBP Anom Setyadi.

Pos Pam lainnya ditempatkan di SPBU Kalimanah, Alun Alun, Terminal Purbalingga, Bukateja dan Bobotsari. Selain Pos Pengamanan, Polres Purbalingga juga mendirikan Pos pengamanan di tempat wisata.

“Khusus Owabong kita akan melakukan rekayasa jalan dan pengaturan kantong parkir di lokasi. Termasuk pengamanan di dalam lingkungan obyek wisata,” jelasnya.

Guna melaksanakan operasi tersebut, menurut Anom Setyadi, pihaknya akan menerjunkan 3/4 kekuatan personil Polres Purbalingga yakni sebanyak 535 personil dari total kekuatan 803 personil yang ada. Jumlah itu akan ditempatkan di Pos Pam sebanyak 96 personil, SPBU 20, pasar tumpah 20, obyek wisata 35 personil, lokasi rawan lainnya sebanyak 89 orang, rawan laka 35 orang dan pagar betis arus mudik jalur tengah 240 personil.

“Tahun ini kita harus menyiapkan pagar betis tiap 1 km 6 personil untuk pengamanan jalur mudik. Yang melintasi wilayah kita ada 40 km. Ini perintah mendadak dari Mabes Polri untuk mengantisipasi beroperasinya jalur tol hingga wilayah Brebes. Sehingga polisi di jalur Pantura, Jalur Selatan dan Jalur tengah diminta bersiap,” jelasnya.

Selain menyiapkan personil polri, Polres Purbalingga juga menghimpun kekuatan pengamanan lainnya seperti dari Satpol PP, Dinhubkominfo, Dinas Kesehatan, TNI, Pramuka, dan kekuatan masyarakat lainnya.

Rencananya, operasi Ketupat Candi 2015 akan dimulai H-7 diawali apel kesiapan pengamanan lebaran di Alun Alun Purbalingga pada Kamis besok (9/7). (BJ33)