Home Lintas Jateng Polres Purbalingga Siagakan Mobil Derek Antisipasi Laka Lantas

Polres Purbalingga Siagakan Mobil Derek Antisipasi Laka Lantas

552
Polres Purbalingga Siagakan Mobil Derek Antisipasi Laka Lantas
            Purbalingga, 20/6 (BeritaJateng.net) – Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah/ tahun 2017, Polres Purbalingga menyiagakan mobil derek untuk mengantisipasi kecelakaan yang mungkin terjadi pada jalur lalu lintas di Purbalingga, terutama pada daerah rawan laka atau jalur tengkorak.  Mobil derek tersebut akan disiagakan selama 16 hari terhitung mulai tanggal 19 Juni 2017.
              Hal itu disampaikan Kapolres Purbalingga AKBP. Nugroho Agus Setiawan SIK. MH. setelah selesai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan OPS Ramadniya Candi 2017 Polres Purbalingga yang dipusatkan di alun-alun Purbalingga, Senin pagi (19/06). Apel yang diikuti jajaran terkait diantaranya TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI, Ormas dan relawan dari pelajar serta mahasiswa.
             “Mobil derek ini disewa oleh bapak Bupati Purbalingga dan akan kami tempatkan di posko pengamanan Karangreja, dan 2 posko lainnya di dua terminal besar yaitu Purbalingga dan Bukateja,” kata Nugroho.
             Di dua terminal besar tersebut, lanjut Nugroho, Polres Purbalingga juga melakukan pengecekan terhadap pengemudi yang di indikasi menggunakan narkoba maupun miras. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan pengemudi. Dalam OPS Ramadniya Candi 2017, Polres Purbalingga menerjunkan 800 lebih personil dibantu anggota Kodim 0702/Purbalingga, dan Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma Purbalingga, Satpol PP Pemda Purbalingga, Organisasi Kokam, Banser dan lainnya.
              “Kami juga mengantisipasi ancaman kriminalitas dan juga pencurian yang marak terjadi apalagi pada rumah kosong yang ditinggal penghuninya, untuk itu kami menugaskan patroli rutin minimal 3 kali dalam sehari kepada selutuh jajaran Polsek di Purbalingga,” kata Nugroho.
              Nugroho juga menambahkan, Polres Purbalingga juga akan melaksanakan rekayasa lalu lintas mengurai kemacetan yang terjadi di titik-titik rawan kemacetan, diantaranya di tempat wisata seperti Owabong, pusat keramaian seperti alun-alun Purbalingga dan juga beberapa titik rawan macet lainnya. Selain itu, untuk peredaran petasan, pihaknya telah mengamankan beberapa petasan baik dari pedagang maupun dari produsen dan sudah diamankan dengan cara direndam.
               Sementara itu, Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. yang bertindak selaku inspektur upacara, membacakan sambutan Kapolri, Wabup Tiwi menegaskan, pemerintah memprioritaskan  kegiatan pengamanan tahun ini, setidaknya pada tiga point utama yang menjadi perhatian, yaitu terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif dan keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.
              “Saya berharap, kegiatan pengamanan tahun ini berjalan sukses dengan terciptanya sinergitas antar stakeholders sehingga pelaksanaan pengamanan hari raya Idul Fitri 1438 H, dapat berjalan dengan lebih baik, aman, tertib dan lancar dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Wabup Tiwi.
               Selesai upacara, Wabup Tiwi yang didampingi Forkompimda Purbalingga mengecek kesiap siagaan personil dan juga kendaraan operasional untuk OPS Ramadniya Candi 2017 Polres Purbalingga, memantau pos terpadu di alun-alun Purbalingga dan dilanjutkan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti miras hasil operasi pekat candi 2017 Polres Purbalingga. Tercatat 3.218 botol miras dari berbagai merk dan juga 294 liter minuman keras tradisional ciu dan tuak yang dikemas dalam plastik, kemasan air mineral dan juga derigen. (yit/el)