Home Hukum dan Kriminal Polres Pekalongan Ringkus Dua Pencuri Komputer

Polres Pekalongan Ringkus Dua Pencuri Komputer

(ilustrasi)

Pekalongan, 13/11 (BeritaJateng.Net) – Kepolisian Resor Pekalongan, Jateng, melalui operasi rutin yang digelar selama sepekan ini meringkus dua pencuri komputer sekaligus mengamankan puluhan alat piranti lunak tersebut.

Kepala Polres Pekalongan, AKBP Fajar Budiyanto, Kamis (13/11), mengatakan bahwa dua pelaku dari empat jaringan pembobol gedung sekolah dengan sasaran komputer itu menggasak puluhan perangkat komputer.

“Para tersangka merupakan kelompok spesialis pencurian CPU lintas provinsi. Adapun barang bukti kejahatan itu dijual di Jakarta,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Satuan Reserse dan Kriminal, AKP Sukirwanta mengatakan para tersangka, adalah Suherli alias Khotib (28), warga Kecamatan Lebaksiu, Tegal dan Sigit Pujianto (30) warga Bekasi.

Adapun barang bukti yang diamankan, antara lain 11 rakitan komputer pentium, sembilan monitor, 19 CPU advance, dua proyektor, dan enam kerangka CPU. “Saat ini, kedua tersangka telah kami amankan di mapolres sedang dua pelaku lainnya masih dalam pengejaran polisi,” katanya.

Ia mengatakan berdasar keterangan, para tersangka melakukan kejahatan di lima tempat, yaitu SMK Lebakbarang, SMAN Talun, MA Nahdliyin Talun, SMP Paninggaran, dan SMK Nurul Hikmah Paninggaran, Kabupaten Pekalongan.

“Akibat perbuatannya, akan dijerat pasal 363 ayat 1 ke 3, 4 dan 5 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun pejara,” katanya.

Tersangka, Sigit mengaku dirinya hanya memberikan jasa rental mobil dari Jakarta ke TKP kemudian saat mereka beraksi pelaku tidak ikut mencuri.

“Saya menunggu di tempat lain, seperti pasar, kemudian setelah selesai ditelepon untuk kembali ke tempat semula dengan membawa barang. Adapun barang itu langsung kita bawa ke Jakarta,” katanya. (ant/pri)

Advertisements