Home Headline Polres Pekalongan Buru Pencuri Raskin di Kalijoyo

Polres Pekalongan Buru Pencuri Raskin di Kalijoyo

1033
0
       KAJEN, 1/10 (BeritaJateng.net) – Kepolisian Resor Pekalongan saat ini tengah memburu pelaku pencurian beras bagi warga tidak mampu atau raskin yang terjadi di Aula Balai Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen baru-baru ini dengan hilangnya sebanyak 176 kantong beras berisi 10 kilogram tiap kantongnya.
       Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Agung Ariyanto ketika dikonfirmasi mengatakan, pencurian ini kali kedua yang terjadi di wilayah hukum Polres Pekalongan. Dengan modus mencongkel pintu atau jendela ketika balai desa dalam kondisi sepi. “Kami masih mendalami hal ini dengan mengumpulkan barang bukti dan saksi-saksi,” kata dia.
       Diungkapkannya, pihak kepolisian sedikit mengalami kendala dalam pengungkapan kasus pencurian raskin ini, karena tidak ada saksi yang melihat atau mengetahui kejadian. “Tiba-tiba saja pencurian terjadi setelah dikunci dan ditinggal pergi, pencuri dimungkinkan satu kelompok ini langsung beraksi mencongkel pintu dan membawa seluruh beras raskin,” jelas dia.
       Meskipun demikian pihaknya akan terus berusaha mengungkap kasus yang ada dengan meminta dukungan semua pihak termasuk masyarakat. “Kalau ada hal mencurigakan silahkan langsung melapor ke kami dan segera akan ditindaklanjuti. Jika para pelaku tertangkap, bakal dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Pemberatan ancaman hukuman 5 (lima) tahun penjara,” tandasnya.
        Terpisah, Kasubag Humas Polres Pekalongan Iptu Akrom mengatakan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sebaiknya selain posisi kantor desa dikunci juga perlu adanya petugas penjaga yang berjaga atau siaga.
       “Setidaknya kalau dijaga satu atau dua orang akan mengurangi atau mencegah terjadinya hal tidak diinginkan seperti pencurian. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pembelajaran bersama,” tuturnya.
       Seperti diketahui sebelumnya, sebanyak 176 karung yang berisi beras bagi warga tidak mampu atau raskin di Balai Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dicuri setelah dikirim oleh Bulog pada Rabu (26/9) sekitar pukul 16.00 lalu, dengan kerugian ditaksir dari pihak desa mencapai Rp 5 juta rupiah. (ST/El)