Home Lintas Jateng Polres Pati Sita Alat Berat di Galian C

Polres Pati Sita Alat Berat di Galian C

image
Ilustrasi

Pati, 22/12 (Beritajateng.net) – Aparat Kepolisian Resor Pati, Jawa Tengah, mengamankan empat alat berat (eskavator) yang digunakan untuk aktivitas di galian C ilegal di dua kecamatan di kabupaten itu.

Menurut Kapolres Pati AKBP Budi Haryanto melalui Kasat Reskrim AKP Agung Budi Setyo Utomo di Pati, Senin, keempat eskavator dari berbagai ukuran tersebut, diamankan petugas pada Minggu (21/12) di beberapa tempat berbeda.

Di antaranya, kata dia, ada yang diamankan dari lokasi galian C ilegal di Desa Perdopo, Desa Jembulwunut dan Desa Sumberejo yang semuanya di Kecamatan Gunungwungkal, Pati.

Sementara satu eskavator disita petugas dari lokasi galian C ilegal di Desa Ngablak, Kecamatan Cluwak, Pati.

Hingga kini, kata dia, Polisi belum menetapkan tersangka dalam penanganan kasus galin C ilegal tersebut.

Dalam pengananan kasus tersebut, katanya, dibutuhkan sejumlah bukti pendukung sehingga penanganannya tidak bisa tergesa-gesa.

“Otak pelaku di masing-masing lokasi masih dalam pengembangan, menyusul dimintainya keterangan dari sejumlah saksi,” ujarnya.

Saksi yang dimintai keterangannya, kata dia, termasuk operator eskavator.

Apabila terbukti, kata dia, para pelaku penambangan galian C ilegal tersebut bisa dijerat dengan Undang-Undang nomor 4/2009 tentang Bahan Tambang Mineral dan Batu Bara.

Pada pasal 158 dan 160 dijelaskan bahwa barang siapa melakukan usaha penambangan dan orang yang melakukan eksplorasi tanpa adanya mekanisme perizinan yang dilalui dikenakan hukuman maksimal 10 tahun kurungan.

Aktivitas penambangan tak berizin tersebut, kata dia, memang harus ditertibkan karena membahayakan kondisi lingkungan setempat.

“Jika tidak ditindak tegas, dikhawatirkan akan muncul lokasi penambangan tak berizin baru karena merasa tidak ada efek jera dalam penanganan kasusnya itu,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, banyak warga yang mengadukan permasalahan tersebut karena resah wilayahnya ditambang.

Berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah tempat, setidaknya ada beberapa titik di wilayah Pati utara yang menjadi sasaran pelaku tak bertanggung jawab dalam melakukan penambangan liar.(ant/ss)

Advertisements