Home Headline Polres Kudus Ringkus Pengedar Narkoba

Polres Kudus Ringkus Pengedar Narkoba

Wakapolres Kudus menunjukkan barang bukti sabu seberat 10 gram beserta tiga tersangka.
Wakapolres Kudus menunjukkan barang bukti sabu seberat 10 gram beserta tiga tersangka.
Wakapolres Kudus menunjukkan barang bukti sabu seberat 10 gram beserta tiga tersangka.

Kudus, 6/5 (Beritajateng.net) -Setelah melakukan pengintaian dan penantian cukup lama, akhirnya jajaran Sat Narkoba Polres Kudus berhasil meringkus pengguna sabu-sabu beserta pengedarnya. Tidak tanggung-tanggung, barang bukti bubuk haram yang berhasil disita mencapai 10 gram

Kapolres Kudus AKBP M Kurniawan melalui Wakapolres Kompol Yunaldi dalam keterangannya mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bermula adanya informasi dari masyarakat. Setelah dilakukan penyelidikan dan pengintaian, ternyata informasi tersebut benar.

”Barang bukti yang berhasil disita beratnya mencapai 10 gram adalah yang terbanyak yang pernah diungkap Polres Kudus. Dalam kasus sebelumnya, barang bukti yang ada tidak lebih dari satu gram,” jelasnya kepada wartawan di Mapolres Kudus, Rabu (6/5).

Sedangkan kronolgis penangkapan tiga orang yang sudah ditetapkan tersangka tersebut diawali ketika ada info pesta sabu di rumah Sutikno (44) di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus pada Minggu (3/5) lalu. Ketika petugas datang, pemilik rumah dengan satu temannya

Junaidi (42) asal Desa Glantengan, Kecamatan Kota Kudus sedang menikmati sabu.

”Dua orang tersebut langsung ditangkap beserta barang bukti yang ada, diantaranya sabu satu gram dengan alat penghisap sabu,” imbuhnya.

Hasil pemeriksaan terhadap dua pelaku tersebut, lanjutnya, diperoleh keterangan bahwa sabu yang mereka konsumsi dibeli dari seseorang asal Semarang seharga Rp 1,5 juta. Setelah petugas mengantongi nama pemasok, salah satu diantara pelaku diminta menghubunginya untuk memesan ’barang’ senilai Rp 12 juta.

Hari berikutnya, Senin (4/5), petugas menangkap Ade Kurniawan yang saat mengantarkan sabu pesanan salah satu tersangka seberat 10 gram. Menurut pengakuaannya, pria tersebut asal Surabaya dan baru lima hari berada di Semarang dan oleh kenalannya disuruh mengirimkan sabu ke Kudus.

Sedangkan menurut pengakuan Sutikno, dia mengkonsumsi sabu sejak tahun 2012. Menurutnya, dia sempat berhenti mengkonsumsi namun hanya beberapa saat, kemudian dia kembali menjadi budak bubuk haram tersebut.

Selain menangkap tiga pelaku, petugas Sat Narkoba Polres Kudus juga menyita 1 unit telepon selular, perlengkapan alat hisap, dan 1 unit sepeda motor. Mereka dijerat melanggar pasal 114 ayat (2) atau pasal 112 ayat (1), atau pasal 127 ayat (1) huruf a UU nomor 35/ 2009 tentang Narkoba dengan ancaman kurungan minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun pidana serta denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar. (BJ12)