Home Hukum dan Kriminal Polres Cilacap Tangkap Tiga Pecandu Sabu

Polres Cilacap Tangkap Tiga Pecandu Sabu

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Cilacap, 20/1 (Beritajateng.net) – Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, menangkap tiga orang yang diduga menyalahgunakan narkotika jenis sabu-sabu di tiga lokasi berbeda.

“Terungkapnya kasus penyalahgunaan sabu-sabu ini berawal dari penangkapan terhadap FP (28), warga Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah,” kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya didampingi Kepala Subbagian Humas Ajun Komisaris Polisi Bintoro Wasono di Cilacap, Selasa.

Saat ditangkap, kata dia, petugas menemukan barang bukti berupa satu plastik klip berisi sabu-sabu sekitar 0,5 gram, satu buah pipet kaca yang terdapat sisa sabu-sabu sekitar 0,05 gram, serta satu plastik klip berisi sumbu dan satu batang kayu kecil.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut dia, FP mengaku jika sabu-sabu itu diperoleh dari MM alias Gendut (23), warga Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

“Oleh karena itu, petugas segera menangkap MM alias Gendut. Saat diperiksa, Gendut mengaku jika sabu-sabu itu dibeli dari seorang perantara berinisial LCY alias Kiky (29), warga Penjaringan, Jakarta Utara, yang mengontrak rumah di Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan,” katanya.

Berbekal pengakuan Gendut, kata dia, petugas pun segera menangkap tersangka LCY alias Kiky di rumah kontrakannya.

Menurut dia, ketiga pelaku penyalahgunaan sabu-sabu berikut barang buktinya telah diamankan Satresnarkoba Polres Cilacap guna penyidikan lebih lanjut.

“Mereka terancam hukuman penjara paling lama 20 tahun penjara sesuai yang diatur dalam Pasal 114 ayat 1 subsider Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009,” katanya.

Lebih lanjut, Kapolres mengimbau para orang tua agar peduli terhadap putra dan putrinya.

“Pastikan bahwa mereka tidak terlibat narkoba. Kepada para pemakai narkoba segeralah sadar bahwa apa yang dilakukan itu adalah perbuatan yang sia-sia yang hanya merugikan diri sendiri dan keluarga serta menghancurkan masa depan,” katanya.

Dia juga meminta para pengedar narkoba untuk segera insyaf dan bertobat karena apa yang mereka lakukan merupakan perbuatan terkutuk, tidak manusiawi, dan membunuh generasi muda.

“Kepada seluruh warga di Cilacap marilah kita secara bersama-sama memerangi narkoba dengan cara peduli terhadap keluarga dan lingkungan masyarakat di sekitar kita. Bila menemukan penyalahgunaan dan peredaran narkoba, segera melaporkan kepada kepolisian terdekat,” katanya.(ant/bj02)