Home Headline Polres Blora Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2019

Polres Blora Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2019

216
0
Polres Blora Kawal Pendistribusian Logistik Pemilu 2019

Blora, 15/4 (BeritaJateng.net) – Menjelang Pemilu 2019, personel Polres Blora Polda Jateng  yang terlibat Operasi Mantap Brata Candi 2018 melakukan giat mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik Pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di wilayah Kabupaten Blora.

Aparat kepolisian melakukan pengawalan dengan ketat agar seluruh logistik bisa sampai tujuan dengan utuh, aman, tanpa ada gangguan. Adapun jenis-jenis logistik pemilu, yaitu kotak suara, bilik suara, surat suara, dan beberapa jenis formulir Pemilu 2019.

Selain itu, juga didistribusikan alat kelengkapan TPS, antara lain paku, karet, kantong plastik, bantalan, lem, spidol, bolpoin, tinta sidik jari, segel pemilu, alat bantu tuna netra, tanda pengenal, buku pedoman KPPS, hologram dan Salinan Daftar Pemilih Tetap (SDPT).

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, SIK, M.H mengaku sudah memerintahkan jajaran personelnya untuk kawal dan amankan pendistribusian logistik Pemilu 2019. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan menuju kantor kecamatan, desa atau kelurahan.

“Proses distribusi Logistik Pemilu 2019 dari PPK menuju tiap-tiap PSS sudah dimulai pagi tadi. Beberapa sudah ada yang tiba di desa atau kelurahan dan diterima langsung oleh KPPS. Kemudian untuk pengamanan logistik dimasing-masing desa atau kelurahan dijaga oleh anggota Linmas desa setempat yang diawasi oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” ucapnya. Senin, (15/4).

Lebih lanjut Kabag Ops Kompol Zuwono menjelaskan bahwa Segala bentuk kerawanan harus bisa diantisipasi oleh personil yang bertugas mengawal dan mengamankan kotak suara. Oleh karena itu petugas Pam TPS harus segera menguasai medan dan situasi di wilayah TPS masing masing. Menurutnya, peningkatan pengamanan itu sangat diperlukan mengingat tahapan pemungutan suara sangat berpotensi menimbulkan adanya ancaman gangguan keamanan.

“Hari pemungutan suara sudah di depan mata, di sinilah perlunya pengamanan yang ketat dari Kepolisian bersinegi dengan TNI dan Linmas untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif, sampai nanti tahapan akhir Pemilu 2019.” Tegas Kompol Zuwono.

Dijadwalkan penditribusian dari PPK menuju PPS akan selesai pada hari Selasa tanggal 16 April besok. Selanjutnya dikirim ke masing-masing TPS sebelum hari dimulai pelaksanaan pencoblosan hari Rabu tanggal 17 April 2019. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here