Home Lintas Jateng Polres Banyumas Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

Polres Banyumas Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

petunjuk berlalu lintas

petunjuk berlalu lintas

Purwokerto, 26/11 (Beritajateng.net) – Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, terus berupaya menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor di jalan raya.

“Oleh karena itu, kami akan menindak pengguna kendaraan bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas,” kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Murbani Budi Pitono usai Apel Gelar Operasi Zebra Candi 2014, di Purwokerto, Rabu seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pelanggaran tersebut di antaranya menggunakan kendaraan melawan arus, kendaraan yang dikemudikan dengan ugal-ugalan sehingga membahayakan pengguna jalan lainnya, kendaraan yang muatannya melebihi ketentuan, dan penggunaan sirine atau rotator yang tidak sesuai ketentuan.

Oleh karena itu, kata dia, Polres Banyumas menerjunkan 75 personel untuk dilibatkan dalam Operasi Zebra Candi 2014 yang digelar selama 14 hari mulai 26 November ini hingga 9 Desember.

“Kami menerjunkan 75 anggota yang merupakan tim inti dan didukung oleh seluruh personel kepolisian,” katanya.

Ia mengatakan bahwa Operasi Zebra Candi 2014 digelar di sejumlah ruas jalan utama Kabupaten Banyumas yang rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, antara lain jalur Cilongok-Ajibarang-Pekuncen, Kemranjen-Sumpiuh-Tambak, Banyumas-Somagede, dan lainnya di kota Purwokerto.

Selain memberikan tindakan terhadap pelanggar peraturan lalu lintas, kata dia, pihaknya juga menggelar kegiatan preventif dan pre-emtif.

Menurut dia, kegiatan preventif yang akan dilakukan di antaranya meningkatkan patroli di lapangan guna memberikan rasa aman dan mencegah masyarakat untuk melakukan pelanggaran.

Sementara untuk kegiatan pre-emtif, lanjut dia, berupa ajakan kepada masyarakat menyadari arti penting tertib berlalu lintas dan menjaga keselamatan untuk kepentingan bersama.

“Tujuannya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Jangan sampai masyarakat menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Berdasarkan data Satuan Lalu Lintas Polres Banyumas, sejak bulan Januari hingga Oktober 2014 tercatat sebanyak 840 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia 169 orang, luka berat 35 orang, dan luka ringan 1.122 orang.(ant/pj)

Advertisements