Home Hukum dan Kriminal Polisi Sosialisasi Cegah Penyelewengan Dana Desa

Polisi Sosialisasi Cegah Penyelewengan Dana Desa

275
0
Polisi Sosialisasi Cegah Penyelewengan Dana Desa
       BLORA, 5/10 (BeritaJateng.net) – Besarnya potensi penyelewengan dana desa, membuat aparat kepolisian turun langsung ke balai Deso untuk melakukan sosialisasi saber pungli. Salah satunya yang dilakukan di.balai desa kamolan kabupaten Blora pada Jumat (5/10/2018).
        Kegiatan tersebut sebagai  bentuk pencegahan, pemberantasan pungutan liar  (pungli) yang di atur dalam Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016 dan memberikan himbauan tentang pelayanan publik dalam UU No. 25 tahun 2009.
       “Kita sebagai masyarakat dalam mengurus suatu urusan atau masalah, jangan memberikan sesuatu berupa uang atau benda demi melancarkan suatu urusan,” ujar Kapolsek AKP Agus Budiyana.
       Diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan wawasan bagi perangkat Desa dalam pengelolahan Anggaran Dana Desa. Selain itu, mengajak perangkat Desa Kamolan bersama Polisi untuk berantas tindakan pungli. Serta mengawasi penggunaan anggaran dana desa, untuk menciptakan perangkat Desa Kamolan yang bebas dari pungutan liar.
        Kapolsek juga mengatakan, dengan adanya sosialisasi dari Polsek Blora ini agar masyarakat merasa nyaman dengan tidak adanya pungutan liar.
        “Semoga dengan sosialisasi saber pungli ini, kita semua dapat bekerjasama untuk mengawasi pengelolaan dana desa. Diharapkan kepada perangkat desa agar lebih aktif, dan apabila mengetahui penyimpangan pelayanan untuk segera laporkan,” tambahnya.
         Kapolsek mengajak agar masyarakat tidak terpengaruh oleh oknum-oknum calo yang bisa menguruskan segala sesuatu dengan cepat namun dengan adanya pungutan biaya.
        “Mari kita mencegah praktek-praktek pungli, sehingga tercipta pelayanan publik masyarakat yang baik,” ajak Kapolsek Blora.
      Kepala desa kamolan, sujadi menyambut baik acara ini. “Bagus, sehingga kita kedepannya bisa menghindari praktik semacam itu”, ucapnya.
(Mn/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here