Home Hukum dan Kriminal Polda Jateng Musnahkan 3 Ton Mie Berformalin dan Miras Palsu

Polda Jateng Musnahkan 3 Ton Mie Berformalin dan Miras Palsu

mie formalin

Semarang, 12/2 (beritajateng.net) – Sebanyak 3 ton mie berformalin dan ribuan miras palsu dimusnahkan jajaran Dit Reskrim Sus di tempat pembuangan akhir sampah Jatibarang.

Pemusnahan disaksikan oleh para tersangka. Dengan menggunakan alat Backhoe pemusnahan barang bukti tersebut dengan cara dikubur.

Kasubdit I Indaksi AKBP Juli Agung Pramono mengatakan, pemusnahan berbagai jenis barang bukti tersebut merupakan hasil ungkap kasus.

“Kami lakukan pemusnahan hampir 90 persen, sisanya untuk sampel penyidikan,” kata Juli di lokasi.

Juli menambahkan, pihaknya juga akan mengembangkan kasus peredaran miras palsu dan mie formalin.

Khususnya untuk mie formalin ini, pelaku menggunakan modus baru dengan serbuk putih berbentuk natrium atau garam. Dengan cara itulah pelaku mengelabuhi mie mengandung formalin yang sudah bermutasi bentuk garam meja atau serbuk.

“Jadi pelaku ini sudah sangat lihai mengelabuhi agar mie yang dijual tidak terlihat mengandung formalin,” tuturnya.

Padahal lanjut Juli, peredarannya sangat membahayakan konsumen karena saat dilakukan pemeriksaan petugas, mie tersebut tidak terlihat kenyal dan seperti tidak mengandung bahan pengawet.

“Kami tidak percaya tapi selanjutnya diuji Laboratorium Forensik (Labfor) positif mengandung formalin,” jelasnya.

Para tersangka dijerat Pasal 136 huruf b juncto Pasal 75 ayat (1) Undang – Undang nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp10miliar dan Pasal 106 juncto Pasal 24 ayat (1) Undang – Undang nomor 47 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman pidana maksimal 4 tahun penjara dan denda maksimal Rp10 miliar. (BJ04)