Home Headline Polda Jateng Jadi Sampling Audit Keuangan BPK RI

Polda Jateng Jadi Sampling Audit Keuangan BPK RI

154
Polda Jateng Jadi Sampling Audit Keuangan BPK RI

Semarang, 22/10 (BeritaJateng.net) – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI menyambangi Polda Jawa Tengah dalam rangka pemeriksaan dana penanganan Covid-19, Kamis (22/10/2020).

Polda Jawa Tengah menjadi salah satu sampling beberapa Polda se-Indonesia yang juga di audit keuangannya secara keseluruhan kerena mendapatkan alokasi recofusing anggaran penanganan covid cukup besar mencapai Rp 37 miliar. Selain Polda Jateng, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan dana penanganan covid hampir Rp 3 triliun juga turut diperiksa.

Pimpinan I Bidang Polhukam BPK RI, Hendra Susanto mengatakan pemeriksaan akan dilakukan secara keseluruhan mulai dari perencanaan anggaran, laporan keuangan, kinerjanya dan kepatuhan kepada perundang-undangan.

“Jadi samplingnya di Polda Jawa Tengah karena jumlah masyarakat yang ditangani Polda Jateng cukup besar,” kata Hendra usai kunjungan didampingi Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan rombongan BPK lainnya.

Hendra berharap melalui audit yang dijadwalkan akan berakhir dalam 2-3 bulan kedepan ini, BPK dapat memberikan rekomendasi penanganan bencana kepada Pemerintah dan jajarannya.

“Hasilnya nanti akan memberikan masukan kepada Pemerintah, bagaimana Pemerintah menangani bencana dengan baik jika terjadi lagi. Sekarang sudah baik,” terangnya.

Dia mengungkapkan dari hasil sementara pemeriksaan di seluruh Indonesia terdapat temuan ketidaksesuaian data.

“Bukan di Jawa Tengah ya, di Indonesia secara keseluruhan ada temuan ketidaksesuaian data, dan tidak valid,” ungkap Hendra.

Selain Polda Jawa Tengah dan Pemprov Jateng, daerah padat penduduk lainnya seperti Jakarta juga disoroti. Adapun kementrian atau Departemen yang mendapat alokasi recofusing anggaran yang besar seperti Departemen Kesehatan, PBB hingga TNI, Kementrian sosial, dan kementrian BUMN juga menjadi fokus perhatian. (El)