Home Headline Polda Babel Terus Waspadi ISIS

Polda Babel Terus Waspadi ISIS

Bendera ISIS

Pangkalpinang, 2/1 (Beritajateng.net) – Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung terus mewaspadai keberadaan Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah yang saat ini sudah merekrut puluhan warga negara Indonesia.

“Saat ini sudah ada sekitar 56 warga negara Indonesia yang bergabung dengan Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah. Meskipun sejauh ini belum terdengar keberadaan ISIS di Babel, kami harus tetap mewaspadai keberadaannya di daerah ini,” kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro, Jumat.

Ia mengatakan terkait masalah ISIS pihaknya sudah mengerahkan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk mengecek hingga ke desa maupun hutan.

“Dalam pengecekan itu, kalau memang ditemukan ada kegiatan yang mencurigakan, akan langsung diperiksa dan diproses. Kami tidak akan membiarkan segala bentuk aktivitas yang mencurigakan terjadi di wilayah hukum Polda Babel,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu cara mencegah masuknya ISIS ke wilayah Bangka Belitung adalah dengan menyaring masyarakat luar yang akan datang ke daerah tersebut.

“Siapa saja yang masuk ke wilayah Bangka Belitung harus betul-betul disaring dan berkualitas. Maka itu, saya berharap hal itu ada payung hukumnya,” ujarnya.

Ia mengatakan setiap adanya aliran maupun paham baru, maka yang menjadi sasaran mereka adalah desa-desa yang agak terisolasi karena pemahaman agamanya belum terlalu kuat.

“Peran tokoh agama di desa-desa juga sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang ajaran yang dianut oleh ISIS tersebut,” jelasnya.

Ia meminta masyarakat Bangka Belitung membantu polisi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terutama dari konflik yang berbau SARA.

“Kepolisian tidak bisa berkerja sendiri tanpa ada bantuan dari semua pihak. Untuk itu masri kita sama-sama menjaga Bangka belitung ini agar selalu aman dan kondusif,” katanya.(ant/Bj02)