Home News Update PMR SMA N 1 Purbalingga Bakal Gelar BFAI

PMR SMA N 1 Purbalingga Bakal Gelar BFAI

152
0
Adu Kreatifitas dan Skill Pramuka dan PMR di Dinusfest 2018
        Purbalingga, 11/4 (BeritaJateng.net) – Bhakti Remaja Ganesha (Bharega) Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1 Purbalingga akan kembali menyelenggarakan kegiatan rutin dua tahunan yakni Bharega First Aid Invitation (BFAI). Event BFAI ini akan diadakan pada 5 Mei 2018 mendatang dengan mengundang SMP/MTs se Kabupaten Purbalingga.
      “BFAI ini merupakan invitasi pertolongan pertama yang akan diikuti sekitar 40 SMP/MTs se-Kabupaten Purbalingga,” kata Mega Putri Yustiantika Dewantari atau yang biasa dikenal dengan Yosi selaku Ketua BFAI ke VI saat ditemui di lingkungan SMA Negeri 1 Purbalingga, Selasa (10/4).
      Tahun ini, terangnya merupakan ke enam kalinya agenda reguler yang diadakan dalam jangka waktu dua tahun sekali. BFAI sendiri, lanjutnya pertama kali diadakan pada tahun 2008 dengan jumlah peserta sebanyak 33 pangkalan SMP/MTs se Kabupaten Purbalingga.
      “BFAI ini memang sangat diminati PMR Madya Se Kabupaten Purbalingga bahkan bisa menarik 33 pangkalan dalam event ini nantinya peserta dapat menyalurkan bakat-bakat mereka dalam bentuk kompetisi,” ujar Yosi.
      Di kompetisi BFAI, peserta akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 masing-masing juara akan mendapatkan tropi, uang pembinaan serta piagam penghargaan. Adapun untuk regu, imbuh Yosi dengan akumulasi nilai tertinggi akan mendapatkan Tropi Bupati Purbalingga sebagai juara umum.
       Yosi menjelaskan BFAI nanti akan ada tiga macam perlombaan meliputi Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), dan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS). Untuk lomba PP, jelasnya mengenai kasus-kasus medis dengan masing-masing regu mengirimkan 3 orang peserta.
       “Lomba PK nantinya pemahaman peserta tentang perawatan keluarga yang sakit di rumah dengan peserta 2 orang tiap regunya, terakhir untuk PRS merupakan penyuluhan tentang masalah di lingkup remaja, masing-masing regu diwakili oleh 2 orang. Sedangkan jurinya kami datangkan langsung dari luar kota,” jelasnya.
       Ketua Bharega, Ragiel Putra Nuswantoro mengatakan BFAI dapat dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan PMR Madya dan memberikan semangat pendidikan serta latihan kepalangmerahan. Dari BFAI nantinya akan muncul kualitas anggota PMR Madya yang lebih baik dan berprestasi.
       “Pada Tahun 2018 ini, PMR Wira SMA Negeri 1 Purbalingga membuktikan komitmennya untuk menjadikan kegiatan BFAI sebagai kegiatan yang akan memberikan banyak manfaat bagi anggota PMR Madya di Kabupaten Purbalingga,” ungkap Ragiel.
       Kegiatan yang bertema “Tunjukan dirimu, kibarkan kreasimu, tinggikan solidaritasmu” bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki anggota PMR Madya. Selain itu juga untuk melihat bibit-bibit yang berpotensi untuk mengikuti lomba di ranah Palang Merah Indonesia (PMI) seperti Jumbara Tingkat Kabupaten hingga Nasional.
      “BFAI yang merupakan event dari Bharega diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan peserta BFAI agar menjadi generasi muda palang merah yang mengamalkan Tri Bhakti PMR,” tegasnya.
       Tricahyono Wisnuwardhana, Pembina PMR SMA Negeri 1 Purbalingga berharap selama 26 tahun Bharega selalu berkontribusi dan memberikan dedikasi sebagai ekstrakurikuler yang dinamis dan konsisten melakukan pembinaan remaja dalam wadah organisasi. Bharega, lanjutnya ikut berperan aktif mewujudkan PMR yang berkualitas dan berkarakter melalui kegiatan yang dilakukan yakni BFAI.
       “Harapannya, semoga kegiatan BFAI tetap berkarya, mengoptimlkan potensi anak-anak PMR Madya agar lebih terampil dan siap mengikuti kompetensi di bidang kepalangmerahan,” harap Tricahyono. (yit/EL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here