Home Lintas Jateng PMI Tingkatkan Posko Penanggulangan Bencana

PMI Tingkatkan Posko Penanggulangan Bencana

image

Semarang,21/6(BeritaJateng.net) – Palang Merah Indonesia (PMI) dalam melaksanakan tugas dibidang penanggulangan bencana dapat diakses melalui posko PMI. Sebagai langkah meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas petugas posko, PMI Jateng menyelenggarakan Lokakarya Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana (PB) dan pelatihan Manajemen Posko di Gedung Prof.DR.dr.H. Satoto, SpGK, komplek PMI Center, Semarang.

Lokakarya diikuti oleh Pengurus Bidang PB, Kepala Markas dan staf PB, dari PMI Kabupaten-Kota Se-Jateng.

Ketua PMI Jateng H Imam Triyanto mengungkapkan, lokakarya dan pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas petugas Posko PMI di Jawa Tengah dalam menerima, mengolah dan menginformasikan kegiatan pelayanan PMI. “Posko yang berfungsi baik tentu didukung oleh petugas yang memiliki manajemen yang baik juga,” ujarnya saat membuka pelatihan yang diikuti 35 peserta dari 35 PMI Se-Jateng.

Informasi dan pelayanan yang diberikan PMI kepada masyarakat dapat diakses melalui posko. “Informasi yang cepat, tepat dan akurat dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan respon PMI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama saat bencana,” jelas Imam.

Pelatihan ini juga sekaligus sebagai sarana melakukan aplikasi dari Kurikulum dan Modul Pelatihan Manajemen Posko yang telah dilakukan perubahan. “Harapan kami, petugas posko dapat lebih maksimal dalam mengelola posko sebagai ruang pusat data dan informasi yang berkaitan dengan pelayanan PMI,” harapnya.

Petugas Posko PMI akan menjadi garda depan PMI dalam mengemban misi kemanusiaan. “Salah satu misi kami adalah menjadikan PMI organisasi kemanusiaan terdepan dalam meningkatkan kehidupan masyarakat rentan,” tuturnya.(BJ06)