Home Lintas Jateng PMI Latih 72 Sukarelawan Terkait Pemulihan Hubungan Keluarga

PMI Latih 72 Sukarelawan Terkait Pemulihan Hubungan Keluarga

509

image

Semarang, 25/5(BeritaJateng.net) -Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan Restoring Family Link (RFL/pemulihan hubungan keluarga) bagi sukarelawan dan pelatihan Diseminator Kepalangmerahan bagi staf PMI Se-Jateng di Gedung Prof.DR.dr.H. Satoto, SpGK, Komplek PMI Center Semarang.

Ketua PMI Jateng Imam Triyanto menjelaskan bahwa pemulihan hubungan keluarga saat bencana atau konflik merupakan salah satu bagian tugas PMI.“Saat situasi konflik atau bencana, PMI juga memiliki peran untuk pemulihan hubungan keluarga, dengan mengumpulkan permohonan informasi pencarian,” jelasnya saat membuka pelatihan yang diikuti 72 peserta dari Kabupaten/Kota Se-Jateng, Senin (25/5).

Sedangkan pelatihan Diseminator Kepalangmerahan diharapkan agar staf maupun sukarelawan dapat menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan. “Peserta diberikan pengetahuan dan wawasan tentang nilai-nilai peri-kemanusiaan yang menjadi prinsip gerakan,” katanya.

Narasumber pelatihan yang akan dilaksanakan hingga 30 Mei mendatang berasal dari ICRC (International Committe Of Red Cross), IFRC (International Federation Red Cross and Red Crescent), PMI Pusat, dan pakar yang kompeten.

Diseminasi atau penyebarluasan nilai peri-kemanusiaan dan Hukum Perikemanusiaan Internasional merupakan mandat utama Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. “PMI merupakan bagian dari Gerakan, sehingga diseminasi ini merupakan kewajiban PMI,” imbuhnya.

Peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi fasilitator dan mengaplikasikannya di kabupaten-kota masing-masing. “Staf maupun sukarelawan PMI nantinya mampu melakukan diseminasi kepalangmerahan dan dapat melakukan pelayanan RFL saat situasi bencana dan konflik,” tambahnya.(BJ06)