Home Lintas Jateng PLN Apresiasi Pemkab Batang Berhemat Listrik

PLN Apresiasi Pemkab Batang Berhemat Listrik

PLN

Batang, 25/11 (BeritaJateng.Net)- PT Perusahaan Listrik Negara Unit Pelayanan Jaringan Pekalongan, Jawa Tengah, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Batang, yang mampu menghemat penggunaan energi listrik hingga 50 persen.

Manajer PT PLN UPJ Pekalongan, Joko Tri di Batang, Selasa (25/11), mengatakan penghematan listrik yang dilakukan oleh Pemkab Batang maka PLN diuntungkan karena saat ini terjadi krisis energi.

“Penghematan energi listrik yang dilakukan Pemkab Batang maka kami bisa menyimpan energi listrik untuk pengembangan ke wilayah terpencil yang belum mendapatkan penerangan,” katanya.

Ia berharap penerapan penghematan energi listrik ini bisa dicontoh oleh kabupaten dan kota lain sehingga semua daerah terpencil dapat menikmati lampu penerangan.

“Jika semua kota dan kabupaten dapat menghemat energi maka krisis listrik akan bisa teratasi,” katanya.

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan penghematan energi listrik sudah dilakukan sejak dua tahun lalu sehingga pemkab mampu menekan pajak penerangan jalan umum (PJU) sebesar Rp600 juta per bulan.

“Semula pemkab harus mengeluarkan anggaran pajak PJU sebesar Rp1,2 miliar per bulan tetapi kini bisa dihemat 50 persen atau Rp600 juta/ bulan,” katanya.

Menurut dia, pemkab mampu menghemat pajak lampu penerangan jalan umum hingga Rp600 juta per bulan setelah menggunakan lampu “Light Emitting Diode” (LED).

“Selama ini, PT PLN tidak mau tahu apakah PJU padam atau tidak, kami harus membayar sesuai yang telah ditetapkan tetapi dengan adanya uji coba dengan menggunakan LED, pemkab bisa menghemat 50 persen dari pajak sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar,” katanya. (ant/pri)