Home News Update PKS-Golkar Tunda Pendaftaran Calon Walikota

PKS-Golkar Tunda Pendaftaran Calon Walikota

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 10/2 (BeritaJateng.net) – Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) – Golkar yang rencananya akan melakukan pendaftaran bakal calon (balon) walikota pada awal bulan ini, dipastikan diundur.

Hal ini disampaikan Koordinator Koalisi PKS-Golkar saat di hubungi via phone. Menurutnya, pengunduran tahap pendaftaran bakal calon ini terkait dengan rencana besar koalisi yang akan digalangnya.

“Kami tengah menyiapkan koalisi besar, tidak hanya dua partai ini tetapi juga melibatkan empat partai lain,” ujarnya.

Setelah di telusuri, dua partai besar lainnya yang rencananya akan membentuk koalisi dengan PKS-Golkar ialah partai Gerindra dan PAN.

Jika koalisi ini benar terbentuk untuk Pilwakot 2016, bisa dipastikan Koalisi Merah Putih (KMP) akan kembali berhadap-hadapan dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) layaknya dalam Pilpres 2014 lalu.

Apalagi beberapa waktu lalu keempat pimpinan partai ini sudah bertemu, berkoordinasi dan saling berkomunikasi. Meski belum ada kata sepakat, bisa diprediksi KMP ini besar peluang akan terwujud.

“Sementara memang kita fokus pada koalisi PKS-Golkar dulu tapi tidak menutup kemungkinan akan membuat koalisi lebih besar seperti KMP itu,” kata politisi PKS ini.

Sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Suharyanto menilai jika koalisi PKS-Golkar  berpendapat ada baiknya koalisi ini dijadikan satu dalam koalisi besar KMP. Hal ini searah dengan koalisi di tingkat DPR RI yang sudah terbentuk.

“Ada tujuan yang lebih besar yang bisa dicapai bersama melalui koalisi besar ini.Jadi jangan hanya melihat hal yang kecil saja,” tukasnya.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada salah satu nama balon yang mencuat dari koalisi ini. Baik Gerindra maupun partai lain selain yang tergabung dalam koalisi PDIP-PKB, belum menyebut satupun nama balon yang akan diusungnya untuk bersaing dengan Hendrar Prihadi dalam Pilwakot 2015. (BJ05)