Home Lintas Jateng PKPU Akhirnya Miliki Badan Amil Zakat

PKPU Akhirnya Miliki Badan Amil Zakat

Semarang, 15/1 (BeritaJateng.net) – Lembaga Kemanusian Nasional PKPU akhirnya memiliki badan amil zakat (BAZ) yang yang berskala nasional dan berdiri sendiri. Kepastian tersebut didapat setelah mereka secara resmi melakukan pemisahan (spin off) pengelolaan zakatnya kepada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mulai awal Januari lalu.

Kebijakan tersebut berlaku, seiring dengan telah dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Agama untuk IZI sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas), per 4 Januari 2016 ini.

Dengan demikian, PKPU melalui IZI bisa lebih mengoptimalkan lagi pengelolaan dan pelayanan zakat, sesuai dengan UU zakat no 23 tahun 2011.

Kedepan diharapkan, IZI dapat meneruskan dan mengembangkan aktivitas pengelolaan zakat, yang  sebelumnya telah dikelola oleh PKPU selama 16 tahun.

Sementara itu, sebagai tindak lanjut dari kebijakan tersebut, IZI segera melakukan proses pendaftaran untuk membuka  perwakilan tingkat provinsi, salah satunya perwakilan Jawa Tengah.

Kepala Cabang IZI Jawa Tengah Djoko Adhi Saputro menyerahkan berkas legalitas dan permohonan rekomendasi ke BAZNAS Jawa Tengah, Jum’at (15/1).

Dalam kesempatan itu, Djoko didampingi Retno Widowati (Kabid Edukasi dan Kemitraan) dan Musyafa (Kabid Pendayagunaan) diterima H. Muhammad Syafiq selaku Bendahara BAZNAS mewakili pengurus.

“Silaturahim ini bagian dari tindak lanjut proses pembukaan perwakilan IZI di Jawa Tengah, semoga kedepan IZI semakin mampu bersinergi dalam peran keummatan yang lebih maksimal di Jawa Tengah,” jelas Djoko.

Syafiq mewakili BAZNAS Jawa Tengah mengucapkan terima kasih atas silaturahim tersebut, meskipun belum dapat diterima oleh seluruh pengurus.

“Pada prinsipnya, persyaratan legalitas ini kami terima dan kami akan pelajari, karena ini baru LAZ pertama yang mengajukan rekomendasi pembukaan perwakilan di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Dengan adanya LAZ Nasional IZI yang memiliki slogan “memudahkan, dimudahkan” ini semakin meningkatkan kesadaran muzakki untuk menunaikan zakatnya dengan lebih mudah dan tenang. (BJ)