Home News Update PKPU Ajak 100 Dhuafa Belanja Bareng di Supermarket

PKPU Ajak 100 Dhuafa Belanja Bareng di Supermarket

IMG_20150713_094755

Semarang, 13/7 (BeritaJateng.net) – Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Semarang kembali menyelenggarakan program belanja bareng 100 dhuafa di Carefour, Srondol Semarang, Senin (13/7).

Ini merupakan kali ketiga dan bertepatan dengan bulan Ramadhan. Ada 100 peserta yang diundang, termasuk di dalamnya 33 balita yang mengalami gizi buruk yang tercatat di Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang.

Penyaluran dana donatur disalurkan kepada keluarga yang kurang mampu di Kota Semarang. Berasal dari beberapa kecamatan, diantaranya Gayamsari, Semarang Barat dan Selatan, Tembalang, serta screening kerjasama dengan RT dan RW yang menyebar di seluruh kota Semarang.

Kepala Cabang PKPU, Miftahul Surur menjelaskan kegiatan ini berbeda dengan paket lebaran, karena lebih mengedepankan apa yang peserta butuhkan. Ada voucher belanja dan mereka tidak perlu membayar.

“Kita lebih mmberikan edukasi kepada para dhuafa, dengan budget yang terbatas mereka harus menentukan barang yang paling diprioritaskan. Benar-benar harus memperhatikan mana yang dibelanjakan terlebih dahulu. Dengan kapasitas voucher yang terbatas, jadi mereka lebih edukatif, berbeda dengan orang bagi-bagi zakat yang mengantre di depan pintu,” ujarnya.

Menurutnya, total nilai vouchernya sebesar Rp 250.000,- per orang. Hanya saja yang Rp 50.000,- sudah dibelanjakan dalam bentuk beras 5 kg dan syrup. Sisanya, Rp 200.000,- bebas mereka belanjakan.

Seksi Gizi Bidang Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang, Muhammad Al Irsyad menjelaskan kegiatannya membantu masyarakat yang memiliki putra dan putri mengalami gizi buruk. Kemudian pihaknya mendaftarkan pada kegiatan PKPU yang memang telah menjadi agenda rutin.

“Untuk tahun ini ada sekitar 33 balita gizi buruk yang kita daftarkan. Untuk balita yang mengalami gizi buruk, kita prioritaskan penunjang kebutuhan gizinya. Seperti susu, gula, minyak dan biskuit,” tuturnya.

Nur Wurinah, warga Wonodri Krajan mengaku senang dengan kegiatan belanja bareng dhuafa ini. “Bisa membantu sedikit untuk keluarga kami. Disamping belanja lebaran, juga membeli buku untuk anak-anak. Belanja minyak goreng, kebutuhan pokok dan keperluan buka puasa nanti sore. Ini sudah kedua kalinya, yang pertama dulu ada di giant,” ujarnya saat asyik berbelanja.

Ada pula Hanifah dari balita yang mengalami gizi buruk pun menambahkan dengan adanya kegiatan belanja bareng dhuafa ini sangat membantu membeli kebutuhan anak. Membeli susu, pempers dan biskuit. “Anak saya mengalami gizi buruk susah naik berat badannya,” akunya pada media.

Store Manager Carefur, Hendy Susanto menjelaskan peran carefour yang sudah lama bekerjasama dengan PKPU yaitu, banyak kegiatan yang dilakukan, seperti belanja bareng anak yatim dan dhuafa.

“PKPU diberi kesempatan menggali potensi customer yang ada di Carefour Srondol untuk berinfak dan sedekah dengan membuka stand. Kemudian, memberi potongan harga dengan kegiatan PKPU yang bisa kita dukung. Harapannya customer bisa berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan serta terus bekerjasama dengan PKPU,” tambahnya. (BJT01)