Home Lintas Jateng PKB Targetkan 8 Kursi Di Pileg Kota Semarang

PKB Targetkan 8 Kursi Di Pileg Kota Semarang

573
0
Ketua DPC PKB Kota Semarang, Soemarmo HS.

Semarang, 12/11 (BeritaJateng.net) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang menargetkan perolehan suara Pemilihan Legislatif 2019 dua kali lipat dari pemilu sebelumnya. Saat ini PKB Kota Semarang memiliki empat kursi di DPRD Kota. Jumlah kursi itu diharapkan naik 100 persen dalam pelaksanaan Pileg 2019.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pinpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Soemarmo HS usai konsolidasi dan pendidikan politik kader PKB Semarang di Hotel Kesambi Hijau, Minggu (11/11).

Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PKB Kota Semarang optimis memperoleh delapan kursi di DPRD Kota Semarang pada Pileg 2019 mendatang.

“Sejak berdiri, pemilih adalah warga NU. Tapi sekarang, dari 100 persen warga NU di Kota Semarang yang memilih PKB masih sekitar 13 persen saja. Ini menjadi pekerjaan rumah kami sebagai pengurus serta para caleg. Bagaimana bisa merangkul kembali warga Nahdliyin yang ada di Kota Semarang, sehingga bisa mendongkrak perolehan suara PKB,” katanya.

Menurutnya target itu cukup realistis, mengingat para calon legislatif yang dipilih memiliki kapasitas mumpuni. Hanya saja perlu ada pendekatan dengan konstituen yang harus digarap serius oleh para caleg dan pengurus PKB.

Beberapa nama tokoh potensial digaet PKB untuk dipasang sebagai caleg di beberapa daerah pemilihan.

“Meski baru dua tahun menjabat sebagai ketua DPC, saya akan berusaha untuk meningkatkan jumlah kursi dan jumlah suara di pemilu nanti. Ada beberapa daerah pemilihan yang kami jadikan prioritas untuk meningkatkan jumlah kursi. Di antaranya Dapil III (Genuk-Pedurungan-Gayamsari) dan Dapil V (Kecamatan Gajah Mungkur, Banyumanik, dan Gunungpati),” kata Soemarmo.

Dalam pembekalan politik Caleg DPC PKB Kota Semarang itu, juga dihadiri Nur Fuad, wakil ketua DPW PKB Jateng. Menurut Nur Fuad, sejak berdiri, PKB memiliki basis massa dari kalangan Nahdliyin. Seharusnya, kata dia, dengan banyaknya warga NU di Kota Semarang, seharusnya PKB bisa menjadi partai besar di kota ini.

“Kami berharap dengan pendekatan yang baik DPC PKB bisa mengembalikan kejayaan PKB seperti tahun 1999 dan pemilu 2004 lalu. Apalagi kalau melihat potensi warga NU di Kota Semarang,” tandasnya. (El)