Home News Update PKB Jateng Mulai Petakan Kandidat 16 Pilkada

PKB Jateng Mulai Petakan Kandidat 16 Pilkada

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 22/1 (Beritajateng.net) – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah mulai memetakan bakal calon kepala daerah yang akan diusung pada pilkada di 16 kabupaten/kota pada 2015.

“Pemetaan tersebut kami lakukan untuk menentukan siapa yang kami nilai layak maju sebagai calon bupati/wali kota,” kata Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlori di Semarang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa pemetaan yang dilakukan DPW PKB Jateng saat ini menyangkut kesiapan dari para kader, tokoh, sekaligus untuk mengetahui kekuatan basis yang ada di daerah-daerah.

Pada pemetaan bakal calon kepala daerah itu, DPW PKB Jateng masih melihat perkembangan terakhir pada masing-masing Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB se-Jawa Tengah.

“Yang jelas dalam pilkada mendatang, PKB harus maksimal, targetnya adalah merebut kekuasaan dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yusuf ini, calon kepala daerah yang diusung oleh PKB Jateng diutamakan dari kader Nahdlatul Ulama (NU).

Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Kendal menjadi target pemenangan pilkada karena basis PKB di tiga daerah tersebut cukup kuat.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan di beberapa daerah, nantinya akan ada yang diusung sebagai calon bupati dan calon wakil bupati,” katanya.

Terkait dengan rencana koalisi bersama partai politik lain dalam mengusung calon kepala daerah, Gus Yusuf mengatakan bahwa PKB Jateng memprioritaskan kerjasama dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), agar bisa menjaga sinergitas dalam mengawal program Presiden Joko Widodo hingga ke daerah.

“Kendati demikian, kami tetap membuka komunikasi dan tidak menutup diri dengan partai-partai di luar KIH,” ujarnya.

Ke-16 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora.

Sebenarnya di Jateng ada 17 daerah yang masa akhir jabatan kepala daerahnya berakhir 2015 tapi Bupati Pemalang akan memasuki purna tugas pada akhir 2015 sehingga pelaksanaan pilkada baru dilakukan 2016.(ant/bj02)