Home News Update Pj Walikota Semarang Tinjau Kesiapan TPS

Pj Walikota Semarang Tinjau Kesiapan TPS

Semarang, 8/12 (BeritaJateng.net) – Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang  Tavip Supriyanto bersama jajaran muspida meninjau kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

“Dari kunjungan kami ke dua titik, yakni TPS di Jalan dr Cipto dan Tembalang, persiapan terkait logistik semua sudah terdistribusi,” kata Tavip di sela pantauan TPS pilkada di Semarang, Selasa.

Pada kesempatan itu, Pj wali kota beserta rombongan meninjau TPS yang ada di SD Xaverius di Jalan dr Cipto, TPS yang ada di MI Nurul Huda, Mangunharjo, Tembalang, dan TPS yang ada di kawasan Tugu.

Menurut dia, surat suara dan kelengkapan pemungutan suara sudah berada di panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk selanjutnya didistribusikan ke TPS-TPS yang ada di wilayah masing-masing.

Ia mengharapkan panitia penyelenggara pemungutan suara dan seluruh pihak terkait bisa menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawab masing-masing, termasuk berkaitan pengawasan dan pengamanan.

“Yang jelas, kami berharap masyarakat Kota Semarang turut berpartisipasi untuk datang ke TPS dan memilih calon wali kota dan wakil wali kota yang terbaik dari semua calon yang baik ini,” katanya.

Dalam suatu kompetisi tentu ada yang kalah dan menang, Tavip mengatakan yang nantinya mendapatkan kemenangan merayakan dengan biasa-biasa saja dan tidak euforia, sementara yang kalah jangan emosi.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Semarang Kombes (Pol) Burhanuddin mengatakan situasi di Kota Semarang menjelang pilkada yang akan digelar 9 Desember 2015 kondusif.

“Meskipun suasana kondusif, kami tetap menggelar sebanyak 2.618 personel yang tersebar di 2.653 TPS dengan harapan tercipta suasana kondusif sehingga masyarakat bisa menyalurkan aspirasi,” katanya.

Ia mengatakan seluruh personel kepolisian “all out” untuk mengamankan TPS-TPS, baik TPS yang tergolong aman maupun TPS kriteria rawan I dan II yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Semarang.

Kriteria rawan yang dimaksudkan, kata dia, TPS yang lokasi jangkauannya cukup jauh dari polsek terdekat, bahkan ada lokasi TPS yang hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor, seperti di Gunungpati.

“Kerawanan lainnya, seperti kekhawatiran terjadi longsor ketika hujan lebat, dan sebagainya. Namun, berdasarkan pantauan yang disampaikan BMKG kondisi cuaca sekarang ini relatif aman,” katanya.

Seluruh personel Polri, kata Burhanuddin, tidak diperbolehkan cuti dalam rangka pilkada serentak ini, kecuali ada kondisi darurat, dan di setiap TPS akan ditempatkan sekitar dua personel polisi. (BJ/ant)