Pimpinan DPRD Semarang dari PKS Diusulkan Diganti

FPKS Semarang Ajak Anggota Dewan Doakan Rohingya

Semarang, 7/9 (BeritaJateng.net) – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Jawa Tengah dari unsur Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diusulkan diganti oleh fraksi berlambang padi dan bulan sabit kembar itu.

Informasi tersebut dibenarkan Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi saat dikonfirmasi, di Semarang, Rabu, bahwa surat usulan dari Fraksi PKS DPRD setempat itu sudah dikirimkan sejak sebulan yang lalu.

Pimpinan DPRD Kota Semarang dipegang empat orang, yakni Supriyadi (PDI Perjuangan), dan tiga wakil ketua, yakni Joko Santoso (Partai Gerindra), Wiwin Subiyono (Demokrat), dan Agung Budi Margono (PKS).

Berdasarkan usulan dari Fraksi PKS, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang yang saat ini dijabat Agung BM digantikan oleh Ari Purbono, anggota DPRD Kota Semarang yang juga menjabat Ketua DPD PKS Kota Semarang.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, sampai saat ini memang belum ada kesepakatan dari pimpinan dewan untuk pergantian, sementara Agung BM saat ini masih menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

“Prinsipnya, kami tidak bisa menghalangi kemauan dari PKS karena itu wewenang masing-masing partai. Akan tetapi, yang bersangkutan (Agung BM, red.) harus legawa dengan usulan pergantian sebagai pimpinan,” katanya.

Apabila memang ada keberatan atau ketidaklegawaan dari yang bersangkutan atas usulan pergantian tersebut, lanjut dia, sebaiknya diselesaikan di internal PKS sendiri sebelum disampaikan ke DPRD.

Mekanisme diganti atau tidaknya pimpinan dewan, kata dia, nantinya ditetapkan melalui surat Gubernur atas usulan dari pimpinan dewan karena keputusan harus bersifat kolektif kolegial.

Pergantian pimpinan DPRD, kata Supriyadi, merupakan hal biasa dan sudah diatur dalam Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Semarang karena meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diusulkan partai sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Semarang Eko Cahyono juga membenarkan perihal surat usulan pergantian wakil ketua DPRD Kota Semarang dari Fraksi PKS, dari Agung BM digantikan oleh Ari Purbono.

“Suratnya sudah sebulan yang lalu. Pergantian pimpinan sudah diatur dalam Tatib DPRD. Saya hanya menyampaikan, tetapi yang memutuskan kan di pimpinan dewan melalui mekanisme rapat paripurna,” katanya.

Eko enggan menjelaskan lebih rinci mengenai isi surat dari fraksi tersebut, tetapi hanya mengatakan dalam surat itu disebutkan pergantian pimpinan DPRD Kota Semarang itu dari usulan DPW PKS Jawa Tengah.

“Keputusan kan harus bersifat kolektif kolegial. Jadi, nanti para pimpinan dewan yang merapatkan, baru diparipurnakan. Setuju atau tidak setuju usulan itu tetap harus diparipurnakan,” pungkasnya. (El)

Tulis Komentar Pertama