Home News Update Pilkada Pekalongan Diikuti 10 Balon

Pilkada Pekalongan Diikuti 10 Balon

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

– Golkar 2 PKS 5 PDIP 3

Pekalongan, 23/1 (BeritaJateng.net) – Adanya Perppu nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilukada yang memperbolehkan partai politik mendaftarkan lebih dari satu Bakal Calon (Balon), membuat sejumlah Parpol menyuguhkan banyak nama.

Sebagaimana DPD Partai Golkar Kota Pekalongan yang menyiapkan dua Balon.

“Kita telah membentuk tim tujuh untuk menentukan Balon Walikota Pekalongan. Ada dua Balon yang akan kami daftarkan,” kata Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Kota Pekalongan, Basyir Ahmad.

Meski belum mengumumkan dua nama tersebut, Basyir memaparkan, seleksi dilakukan oleh tim tujuh yang terdiri dari tiga orang dewan pembina dan empat orang pengurus harian.

“Dua nama itu, berasal dari dalam partai dan luar partai. Untuk non partai itu bisa orang netral atau usulan partai lain yang akan berkoallisi,” jelasnya.

‪Tak mau kalah, DPD PKS sudah melakukan seleksi internal dan terjaring lima nama yang bakal disiapkan dalam pertarungan politik Kota Pekalongan 2015.

Ketua DPD PKS Kota Pekalongan, Aji Suryo mengatakan, lima nama itu adalah dirinya sendiri, Idris Satria Budi, Ariston, Mufida Hidayati‎ dan satu nama lainnya merupakan seorang PNS.

“Nantinya lima nama usulan para kader itu masih akan dikerucutkan menjadi tiga nama,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Pekalongan, Ismet Inonu, mengaku juga telah melakukan penjaringan internal partai.

“Saat ini kami sudah membidik tiga nama. Satu diantaranya kader dan dua lainnya merupakan dari luar kader,” terangnya.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Abdul Basir memaparkan, sementara ini, sudah ada dua nama balon independen yang berkonsultasi kepada pihaknya. Namun dua orang dari non partai itu belum mendaftar secara resmi untuk calon perorangan.

Basir memaparkan, di antara persyaratan yang harus dimiliki untuk bersaing dalam Pilwakot 2015 yakni bukti dukungan berupa fotokopi KTP sebesar lima persen dari total jumlah penduduk Kota Pekalongan sebanyak 300 ribu jiwa.

“Namun dalam pendaftaran uji publik, cukup 750 fotokopy dulu, sisanya setelah lolos dari bakal calon,” kata Basir.

Kemudian untuk parpol yang bole‎h mengajukan balon Walikota Pekalongan persyaratannya memiliki 20 persen dari total suara sah.

“Pendaftarannya mulai 26 Februari hingga 3 Maret 2015,” pungkasnya. (BJ11)