Peserta Program Siswa Mengenal Nusantara Diharap Bisa Menjadi Enterpreneure

SEMARANG, 31/7 (beritajateng.net) – Puluhan siswa peserta program siswa mengenal nusantara diharapkan mampu menangkap peluang sebagai enterpreneure di masa yang akan datang.

Harapan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo saat menerima kembali peserta program tersebut yang sebelumnya dikirim ke Provinsi Bengkulu guna mempelajari kebudayaan, kepariwisataan, pendidikan serta perekonomian.

“Program ini merupakan inisiasi dari beberapa BUMN. Kali ini siswa dari Jateng kita kirim ke Bengkulu dan dari Bengkulu dikirim ke Jateng,” ungkapnya usai menerima kembali peserta dari Jateng dan melepas peserta dari Bengkulu di Wisma Perdamaian, Minggu (30/7).

Menurut Gatot, ada tiga hal yang menjadi konsentrasi dan fokus pengamatan serta “oleh oleh” yakni tentang sosial budaya, pendidikan serta enterpreneur.

“Mereka bisa mengamati bagaimana kehidupan sosial dan budayanya, pendidikannya dan enterpreneure terutama setelah melihat pariwisata di daerah setempat,” jelasnya.

Program siswa mengenal nusantara diikuti oleh 41 siswa berprestasi SMA dan SMK dari Jawa Tengah dan 21 siswa dari Bengkulu. Sebelum diberangkatkan mereka terlebih dahulu diseleksi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng dan diutamakan siswa dari keluarga yang kurang mampu.

Beberapa BUMN yang menginisiasi kegiatan tersebut yakni PT Asuransi Jiwasraya, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Perum LKBN ANTARA,
PT Pertamina, PTPN IX, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta PT Bahana.

(NK)

SHARE

Tulis Komentar Pertama