Home Hiburan Pesantren Ramadhan, Belajar Agama Penuh Ceria

Pesantren Ramadhan, Belajar Agama Penuh Ceria

image

Semarang, 28/6 (BeritaJateng.net)-Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA JT) mengadakan Pesantren Ramadhan 1436 H. Acara diselenggarakan mulai 27-28 Juni 2015 di Perpustakaan Lantai Dasar dan Aula MAJT. Kegistan ini diikuti oleh anak-anak kelas 3-6 Sekolah Dasar Se-Kota Semarang.

Ketua Panitia Pesantren Ramadhan, Mat Ikhsan menjelaskan kegiatan ini untuk mengajak para siswa belajar seperti di pesantren. “Didalamnya diajarkan tarawih berjamaah, night adventure (berjalan mengelilingi Masjid Agung dan transit pada pos-pos). Pada tiap pos ada kakak-kakak yang siap memberi pertanyaan pada adik-adik, bagi putra ada hafalan adzan dan putri ada hafalan surat pendek, “jelasnya, Minggu (28/6).

Pada pesantren ramadhan itu juga ada pendidikan akhlak, diharapkan setelah keluar dari pesantren Ramadhan peserta bisa bersikap sopan dan santun kepada kedua orang tua. Pendidikan tauhid, mengenalkan Tuhan kepada, materinya berupa firman Allah dan sifat-sifatNya. Ada pula permainan (game) yang ditujukan untuk melatih kreativitasnya.

Dari panitia merupakan kumpulan orang banyak, dengan sistem pengajaran yang berbeda-beda. Mereka sebagian besar mengajar TPQ dan dijadikan pendamping.

Mereka juga diajarkan shalat malam (Qiyamul lail), sholat subuh berjamaah, senam, berkunjung ke menara al Husna. Selain itu, juga mendengarkan motivasi dari pembicara, Amin Syukur. Pada akhir kegiatan hari Minggu, (28/06) menampilkan pentas seni berisi drama, musikalisasi puisi guna menggali potensi peserta.

“Kita ingin membekali adik-adik agar kelak menjadi pemimpin yang amanah. Harapannya setelah diwisuda bisa lebih patuh kepada kedua orang tua, anak sholeh yang mendoakan kedua orang tua, “imbuh Ikhsan.

Peserta, Azhar Fauzan Rahman yang bersekolah di SD Lamper Kidul 02 ini merasa senang ikut pesantren Ramadhan karena temannya banyak. Disuruh orang tua, biar rajin sholat dan mengaji. (Mg-1)