Home Ekbis Perubahan Rute dan Jadwal Perjalanan KA Kedungsepur

Perubahan Rute dan Jadwal Perjalanan KA Kedungsepur

Kereta Api

Semarang, 20/1 (beritajateng.net) – PT KAI Daop 4 Semarang merubah rute dan jadwal perjalanan KA Kedungsepur terhitung mulai 1 Februari 2015.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto mengatakan, pengalihan rute dan jadwal perjalanan KA Kedungsepur untuk memaksimalkan kereta tersebut, karena sejak diluncurkan tanggal 28 September 2014 lalu hingha sekarang, okupansi KA Kedungsepur masih belum sesuai harapan yaitu berkisar diangka 40 persen.

Menurutnya, rute KA kedungsepur yang baru ini, akan melayani rute dari Semarang Poncol menuju Ngrombo, sebelumnya weleri – semarang poncol – gubug.

Suprapto menambahkan, yang menjadi pertimbangan pihak PT KAI Daop 4 Semarang mereruting KA Kedungsepur yakni, pihak PT KAI Daop 4 Semarang sedang membidik potensi angkutan penumpang di wilayah Sedadi dan Ngrombo yang sangat potensial.

Selanjutnya, wilayah Semarang poncol menuju Weleri, saat ini sudah dilayani oleh 7 perjalanan kereta api diantaranya, 4 perjalanan KA Kaligung mas (semarang poncol – Tegal)  dan 3 perjalanan Ka Kamandaka (semarang tawang – Tegal – Purwokerto).

“Sejak diluncurkannya KA Kedungsepur, untuk wilayah mangkang dan kaliwunggu, animo masyarakat dikawasan ini untuk menggunakan transportasi kereta api komuter masih kurang. Sehingga reruting ini akan menjadikan fungsi KA Kedungsepur sebagai kA komuter semakin terintegral dengan kereta api lainnya seperti KA kaligung mas, KA blora jaya dan KA kamandaka,” paparnya.

Menurut Suprapto, rangkaian KA Kedungsepur menggunakan rangkaian 1 set kd1 atau 4 gerbong kereta rel diesel elektrik dengan kapasitas 200 penumpang.

Sementara itu, lanjutnya, tarif yang digunakan selama masa promo, merupakan tarif plat (jauh – dekat sama) sebesar Rp 15.000 / penumpang dengan waktu tempuh KA Kedungsepur dari semarang poncol – Ngrombo yang berjarak 60 km  adalah rata-rata 85 menit.

“Diharapkan dengan reruting ini, KA Kedungsepur akan semakin diminati dan dapat memberikan kontribusi nyata sebagai solusi alternatif mengurangi angka kemacetan di wilayah sekitar semarang,” ujarnya. (BJ05)