Home News Update Pertikalpataru, 300 Pramuka dan Pandega Peduli Lingkungan

Pertikalpataru, 300 Pramuka dan Pandega Peduli Lingkungan

505
0
Pertikalpataru, 300 Pramuka dan Pandega Peduli Lingkungan
           Purbalingga, 24/12 (BeritaJateng.net)  – Menumbuhkan rasa peduli lingkungan sangatlah penting bagi masyarakat luas, terutama bagi kaum muda saat ini. Seperti yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga melalui kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Kalpataru (Pertikalpataru). Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga, Kwarcab Purbalingga menyelenggarakan kegiatan selama 4 hari 3 malam dimulai tanggal 20 – 23 Desember 2017 di desa Sempor Lor, Kecamatan Kaligondang.
             Melalui kegiatan seperti Biopori, Komposting, Program Lingkungan Bersih, Program Kali Bersih, Biodiversity warrior (Hydrophonic), Penanaman pohon peneduh jalan, pengetahuan sekolah adiwiyata, 300 Pramuka Penegak Pandega dari gugus depan SMA/SMK/MA se Purbalingga benar-benar diajak untuk bisa memahami dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi tentang krida-krida yang ada di Satuan Karya Kalpataru, diantaranya pengetahuan tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle),  Perubahan Iklim, Konservasi keanekaragam hayati.
            Bukan hanya mendapat materi ruangan, peserta juga diterjunkan di tengah –tengah masyarakat melalui kegiatan-kegiatan bakti yang meliputi bakti sosial, kerja bakti, dan kegiatan lainnya yang berbasis aksi nyata Pramuka peduli lingkungan. Pesertapun menginap dirumah warga sebagai pengganti tenda. Karena dengan menginap dirumah warga, mereka diharapkan bisa memahami tentang adat istiadat, kehidupan sosial bahkan keadaan lingkungan sekitar.
300 Pramuka dan Pandega Peduli Lingkungan lewat Pertikalpataru.

Kabid PSLB3 dan PKLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purbalingga Sukirto Hadi, S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa para peserta kedepannya diharapkan bisa menjadi agen perubahan lingkungan yang menjadi inisiator dan motor penggerak dalam penanganan berbagai macam permasalahan lingkungan. Seperti pengolahan sampah.

            “Sejalan dengan tema kegiatan, yaitu menyongsong kesehatan lingkungan hidup untuk masa depan, mari anggota pramuka harus bisa menjadi agen perubahan lingkungan sebagai pelopor dalam menangani permasalahan lingkungan yang ada disekitar kita serta bisa benar-benar mengamalkan Dasadarma kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.” Ungkap Sukirto.
            Walaupun kegiatan Pertikalpataru merupakan kegiatan yang berbasis kegiatan bakti, tetapi panitia juga menyiapkan kegiatan prestasi bagi peserta, yaitu lomba rally photo dan stand up comedy. Dalam kesempatan ini keluar sebagai juara 1 Rally Photo adalah SMA N 1 Kutasari disusul oleh SMA N 1 Rembang dan SMA N 2 Purbalingga dan juara 1 Stand Up Comedy dari SMA N 1 Kutasari, Juara 2 SMA N 1 Bobotsari, juara 3 SMK N 1 Kaligondang. (yit)