Home Ekbis Pertemuan Presiden RI – PM Singapura Sepakati Kerjasama Bidang Ekonomi

Pertemuan Presiden RI – PM Singapura Sepakati Kerjasama Bidang Ekonomi

89
0
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sambut Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam kunjungannya di Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/11/2016)

SEMARANG, 14/11 (BeritaJateng.net) – Pertemuan bilateral antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/11/2016), menyepakati sejumlah kerjasama. Kerjasama yang disepakati kedua negara tersebut, merupakan kerjasama produktif dan terbuka, khususnya di bidang ekonomi.

Menurut Presiden RI, Singapura merupakan mitra utama Indonesia dalam bidang investasi dan perdagangan. Singapura sendiri, dinilai ekonominya tergolong masih tinggi, ditengah lesunya ekonomi dunia.

“Singapura adalah mitra utama Indonesia dalam bidang perdagangan dan investasi. Meski ekonomi dunia tengah lesu, namun Singapura masih tinggi. Dalam pertemuan ini, kita sepakat untuk terus melakukan kerjasama”. Tutur Presiden RI, dalam keterangannya persnya di Wisma Perdamaian Semarang, Senin (14/11).

Lanjut Jokowi, bagi Indonesia, Singapura berdampak penting dalam kemajuan Indonesia. Hal tersebut terlihat dari jumlah investasi yang selama ini ditanamkan. Sejak bulan Januari hingga bulan September 2016, tercatat jumlah inbestasi Singapura mencapai US$ 7,1 miliar. Dibanding tahun 2015 lalu, periode yang sama, kenaikannya mencapai 44 persen.

“Diharapkan Kawasan Industri Kendal (KIK), menjadi ikon baru hubungan bilateral Indonesia-Singapura. Dengan begitu, investasi ini terus meningkat, seperti di Batam dan Kendal,” ungkap Jokowi.

Selain investasi, masalah lain juga dibahas seperti terkait hukum Indonesia serta reformasi ekonomi. Dengan begitu, kesepakatan di bidang tersebut diharapkan agar ekonomi di Indonesia semakin kompetitif. Di bidang pariwisata, juga diadakan kesepakatan oleh kedua belah pihak. Selain itu, isu-isu internasional seperti Laut Cina Selatan serta Terorisme, juga dibahas kedua belah pihak.

“Kita juga bahas bidang pariwisata, MOU pariwisata yang ditandatangani tadi oleh Menteri Pariwisata Indonesia dan Singapura, diharapkan dapat memperkuat kerjasama serta pengembangan detinasi baru Indonesia,” ungkap Jokowi.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong bersama sembilan orang menteri lainnya, dalam kunjungan di Jawa Tengah akan bertolak ke kendal. Mereka akan melakukan peresmian pembukaan (KIK) Kawasan Industri Kendal (Park The Bay). KIK tersebut, merupakan insudtri terpadat seluas 2.700 hektare yang dibangun PT Jababeka Tbk, bersama perusahaan raksasa asal Singapura, Sembawang Corporation (Sembcorp) melalui anak usahanya di Indonesia, Sembcorp Develompment Indonesia Pte.Ltd. (BJ 03)