Home News Update Pertandingan Basket Antar Pelajar Kota Semarang Digelar Rebutkan Piala Walikota

Pertandingan Basket Antar Pelajar Kota Semarang Digelar Rebutkan Piala Walikota

2915

IMG_20150919_132737

Semarang, 19/9 (BeritaJateng.net) –¬†Pertandingan bola basket antar pelajar kembali digelar di Gor Sahabat, Jalan Sendangsari Utara XIII (Supriyadi) Kalicari, Pedurungan kota Semarang. Event tahunan ini merupakan hasil kerjasama Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Tengah dengan salah satu Event Organizer C&C dalam rangka memperebutkan piala walikota atau walikota cup yang ke-8. Acaranya sendiri berlangsung selama 8 hari mulai 19-26 September 2015.

Jumlah peserta yang mengikuti pertandingan inu mulai dari Sekolah Menengah Akhir (SMA) ada sekitar 50 sekolah. Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada 30 tim, dan tingkat Sekolah Dasar ada 19 tim. Semuanya berasal dari kota Semarang baik sekolah negeri maupun swasta, seperti SMA Karangturi, SMA Loyola, SMA Bina Bangsa, SMAN 1, SMAN 2, SMK 7, SMPN 2 dan masih banyak lagi.

Pelaksana EO C&C, Andriyanto, menjelaskan jika sistem penilaian dalam pertandingan bola basket dibagi ke dalam 2 divisi. Ada divisi 1 dan 2, untuk divisi 1 diisi oleh tim dengan peringkat terbaik.

“Selain pertandingan basket, masing-masing sekolah, khususnya SMA, wajib menampilkan school dance competition. Tim dari tiap SMA menampilkan tarian modern yang akan dinilai oleh tim juri dan dipilih juara I, II, dan III,” ujarnya di ruang sekretariat Gor Sahabat Semarang, Sabtu (19/9) siang.

Dari hari pertama pertandingan, (19/9) sudah terlihat skor sementara yang nantinya akan diakumulasi pada babak final, lanjut Andriyanto. Seperti pertandingan antar SD Al Azhar dan SD Terang Bangsa.

Dia juga mengungkapkan jika pertandingan bola basket antar sekolah ini merupakan salah satu kegiatan yang positif. Dalam rangka menyalurkan bakat dan minat anak daripada mengisi dengan hal yang tidak berguna.

“Disisi lain juga bisa melatih emosi dan sportivitas di bidang olahraga, apapun hasilnya ini akan membawa nama sekolah. Dari kegiatan ini siswa juga bisa digiring untuk masuk ke dalam club-club basket,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti pertandingan, tim dari SMPN 2 Semarang jumlah siswanya yang mengikuti ekskul basket ada 20 lebih. Sedangkan untuk pertandingan kali ini mereka membawa 12 pemain untuk melawan SMP Domsav dan SMP Bonsav.

“Ini bisa meningkatkan mental siswa. Kita berlatih yang tadinya seminggu dua kali, dengan event lomba ini bisa sampai tiga, empat kali seminggu untuk memperebutkan piala wakikota,” tutur Pelatih Ekskul Basket SMPN 2, Wisnu saat ditemui menjelang pertandingan. (BJT01)