Home Lintas Jateng Perpustakaan Pelita Desa Muntang Raih Penghargaan The Best of The Best   

Perpustakaan Pelita Desa Muntang Raih Penghargaan The Best of The Best   

109
0
Perpustakaan Pelita Desa Muntang Raih Penghargaan The Best of The Best   
       Purbalingga, 6/7 (BeritaJateng.net) – Perpustakaan ‘Pelita’ Desa Muntang berhasil meraih dua penghargaan pada ajang PerpuSeru Award 2018. Dua penghargaan tersebut diterima Perpudes Muntang pada kategri The Best of The Best dan Perpusdes Terbaik.
       Raden Roro Hendarti, pengelola Perpusdes Muntang mengatakan penilaian yang dilakukan oleh PerpuSeru dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Ia menambahkan setiap kegiatan yang dilakukan Perpusdes harus dilaporkan pada PerpuSeru secara online. “Semua saya laporkan sehingga bisa jadi Best of The Best, di samping itu kegiatan di perpustakaan kami memang banyak,” kata Hendarti saat dihubungi, Jumat (6/7).
      Penghargaan The Best of The Best sendiri diikuti 1500 peserta, dari 1500 peserta diambil 105 Perpustakaan Daerah (Perpusda) dan lima dari Perpusdes. Selain mendapatkan penghargaan The Best of The Best, Perpustakaan “Pelita” Desa Muntang juga mendapatkan penghargaan pada kategori Perpusdes Terbaik.
      “Alhamdulillah kami bisa meraih penghargaan ini, ini menjadi motivasi untuk Perpusdes Muntang untuk terus berbenah lebih baik lagi dan mempertahankan prestasi ini,” ungkapnya.
      Hendarti  menyampaikan dari penghargaan yang didapatkan, Perpusdes Muntang mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 10 juta pada kategori The Best of The Best dan Rp 6 juta untuk kategori Perpustakaan Terbaik. Selain Perpusdes Muntang ada pula Perpusdes Gembong, Kalitinggar, Lamuk dan Taman Baca Masyarakat (TBM)Prigi yang mendapatkan penghargaan di beberapa kategori.
       “Cerita Impact diraih Perpusdes Gembong, Video Impact diraih Perpusdes Gembong dan TBM Prigi, Perpusdes Terbaik, Kalitinggar, Lamuk, Muntang dan Prigi,” jelas Hendarti.
      Hendarti menjelaskan ada enam mitra PerpuSeru 2017 dari Purbalingga yang mengikuti kompetisi PerpuSeru Award yang dilakukan selama dua hari yakni 5 – 6 Juli 2018 di Royal Ambarukmo, Jogjakarta. Dari enam perpusdes dan TBM yang mengikuti PerpuSeru Award, hanya satu yang belum meraih penghargaan PerpuSeru Award 2018 yakni Kuda Pustaka.
       Ia mengungkapkan setelah mendapatkan penghargaan pada perpustakaan yang dikelolanya, pegiat litesi ini mengaku bahagia dan terharu dapat mempertahankan prestasi yang sebelumnya pernah ia dapatkan. Ia berharap dapat mempertahankan prestasi yang didapatkan dan ke depan dapat menjadikan perpustakaan sebagai kegiatan yang positif bagi masyarakat.
       “Karena mempertahankan itu lebih sulit dari pada meraihnya, sehingga kegiatan di perpustakaan juga tak luput dari dukungan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) dan dinas ataupun instansi terkait,” tuturnya. (yit/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here