Home DPRD Kota Semarang Peroleh Kursi Terbanyak, PDIP Dapat Jatah Ketua DPRD Kota Semarang

Peroleh Kursi Terbanyak, PDIP Dapat Jatah Ketua DPRD Kota Semarang

246
Paripurna DPRD Kota Semarang

Semarang, 12/8 (BeritaJateng.net) – Pembagian kursi pimpinan DPRD Kota Semarang akan dilakukan secara proporsional. Yakni, dihitung berdasarkan perolehan kursi terbanyak.

Parpol dengan perolehan kursi terbanyak secara berurutan akan menduduki kursi ketua dan tiga kursi wakil ketua.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Semarang, Eko Cahyono memaparkan, pemilihan pimpinan di DPRD Kota Semarang akan dilakukan sesuai mekanisme, yaitu berdasarkan perolehan suara partai terbanyak sebagai pimpinan.

Namun untuk nama-nama pimpinan dan wakil pimpinan, belum bisa langsung ditentukan karena menurut mekanisme harus dipilih pimpinan sementara yang ditunjuk oleh dua partai yang mendapat suara terbanyak. Pemilihan pimpinan sementara tersebut dilakukan usai pelantikan 50 caleg terpilih tersebut.

“Pimpinan sementara masih menunggu jawaban dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dua partai yakni PDI Perjuangan dan Gerindra,” katanya.

Berdasar perolehan kursi suara di Pileg 2019, PDI Perjuangan mendapat 19 kursi, disusul Partai Gerindra, PKS dan Demokrat mendapat enam jatah kursi parlemen DPRD Kota Semarang. Empat partai itu akan menempati pimpinan dan para wakilnya.

Sementara itu, pimpinan keempat partai yakni PDI Perjuangan, Gerindra, PKS, dan Demokrat masih enggan menyebutkan nama-nama yang bakal mengisi pimpinan dan wakil pimpinan DPRD terbaru. Belum ada rekomendasi dari DPD dan DPP menjadi alasan belum bisa menjawab.

“Menurut pasal 164 UU 23 tahun 2014 bahwa pimpinan DPRD, ketua dan tiga wakil ketua, berasal dari partai politik dengan perolehan kursi 1, 2, 3, 4. Jadi besok yang ketua DPRD dari PDI Perjuangan. Sementara wakil ketua DPRD dari PKS, Gerindra, dan Demokrat,” kata Ketua DPD PKS Kota Semarang, Suharsono.

Partai suara terbanyak yakni PDIP diinformasikan akan mengusulkan tiga nama sebagai kandidat pimpinan dewan yakni Kadarlusman atau Pilus, Joko Susilo, dan Rukiyanto.

“Kalau pimpinan sementara DPRD saya yang diamanatkan partai, untuk calon pimpinan definitif informasinya akan diusulkan adalah saya, Pak Joko Susilo, dan Pak Rukiyanto,” kata Kadarlusman. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here