Home Hiburan Pernak-pernik Khas Imlek Mulai Ramai Dibeli

Pernak-pernik Khas Imlek Mulai Ramai Dibeli

Semarang,20/1 (BeritaJateng.net) – Jelang perayaan Imlek 2016 yang jatuh pada tanggal 8 Februari mendatang, salah satu tempat penjualan yang menyediakan pernak-pernik khas Imlek di Kawasan Pecinan Kota Semarang mulai ramai pembeli.

Hal tersebut diakui oleh Lela Styaningtias penjual pernak-pernik Imlek yang berada di Jalan Wot Gandul Dalam Kawasan Pecinan Kota Semarang. Menurutnya, pernak-pernik khas Imlek sudah mulai ramai dibeli oleh masyarakat sejak dua minggu kemarin.

“Biasanya, para pembeli mempersiapkan tahun baru imlek, satu bulan sebelum perayaan Imlek tiba. Sehingga, untuk sekarang ini pernak-pernik khas Imlek sudah mulai dibeli meskipun masih dua minggu lagi,” tuturnya.

Lanjut Lela, bahwa setiap harinya ada sekitar 50 pembeli baik itu yang hanya membeli gantungan, kantong angpao, lampion, kartu ucapan, batu giok, dan asesoris lainnya.

“Namun, untuk sekarang ini masih didominasi para pembeli yang membeli kantong angpo, lampion dan gantungan, dibanding pernak-pernik lainnya seperti alat-alat sembahyang, bpersewaan baju cina dan lainnya,” terangnya.

Lela menjelaskan bahwa untuk harganya sendiri kantong angpao antara Rp 2 ribu sampai Rp 10 ribu, lampion antara Rp 20 ribu sampai Rp 2.5 juta dan gantungan mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu. “Sehingga, jelang perayaan tahun baru Imlek ini membawa berkah bagi kami, karena keutungan sendiri berlipat ganda dibanding hari-hari biasa,” katanya.

Hal itu juga diakui oleh penjual pernak-pernik khas Imlek lainya yakni toko milik Ie-Bing di Kawasan Pecinan. Dikatakanya, jelang perayaan Imlek membawa berkah bagi para penjual pernak-pernik Imlek yang didatangkan dari Cina.

Sebab, untuk sekarang ini tidak hanya orang-orang Semarang yang membeli pernak-pernik khas Imlek, namun orang-orang Jawa juga terkadang membeli pernak-pernik Imlek hanya sekedar untuk hiasan rumah.

“Maka dari itu, kami bersyukur adanya perayaan Imlek setiap tahunya ini, karena tidak hanya masyarakt Kota Semarang saja namun dari kota-kota lain juga banyak yang berdatangan untuk membeli,” paparnya.

Hendri salah satu pembeli, mengaku dengan membeli pernak-pernik khas Imlek jauh-jauh hari sebelum perayaan tiba, agar persiapan Imlek dapat lebih matang. “Karena dengan persiapan Imlek lebih awal, merayakan Imlek bersama keluarga bisa lebih maksimal,” katanya.(BJ06)