Home Lintas Jateng Permudah Perizinan, DTKP Launching Pengurusan KRK dan IPTB Online

Permudah Perizinan, DTKP Launching Pengurusan KRK dan IPTB Online

788
Walikota dan wawalikota Semarang melaunching KRK dan IPTB Online.

Semarang, 7/4 (BeritaJateng.net) – Selangkah lebih maju dengan kota-kota lainnya, Kota Semarang kini punya pelayanan kepada warganya dengan sistem online. Pelayanan ini bernama KRK online (Keterangan Rencana Kota) dan IPTB online (Ijin Bekerja Pelaku Teknis Bangunan Gedung).

Kamis (7/4) Walikota Semarang Hendrar Prihadi melaunching terobosan baru tersebut di Ruang Lokakrida kompleks Balaikota.

Turut hadir dalam acara tersebut pelaku usaha dan asosiasi usaha diantaranya REI Kota Semarang, PHRI Jawa Tengah, Kadin Jawa Tengah, pengelola Kawasan Industri Tugu Wijaya Kusuma, pengelola Kawasan Industri Candi, Pengembang Bukit Semarang Baru, LPJKD Provinsi Jawa Tengah dan para pelaku usaha di Lingkungan Kecamatan Semarang Tengah.

“Program ini menjawab pengaduan dan keinginan masyarakat terutama dalam hal perizinan di Kota Semarang. Diharapkan bisa meminimalkan proses-proses birokrasi/ pelayanan masyarakat yang selama ini terlalu panjang,” tutur Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya.

Lanjut Walikota, program ini juga sudah lama ia nantikan. Sehingga wajib nantinya DTKP (Dinas Tata Kota dan Perumahan) untuk selalu bisa menjaga agar tetap konsisten. “Jangan nanti setelah di launching, beberapa bulan kemudian/ hitungan hari sering ‘ngehang’ jaringannya, sehingga warga komplain lagi,” ungkapnya.

Kedepannya Hendi berharap agar tampilan website bisa ditambah dengan tampilan data mapping (pemetaan). “Misalnya dengan menambahkan titik mana saja yang boleh dibangun dan tidak boleh dibangun, garis sepadan jalan seperti apa, peruntukannya untuk apa saja sehingga masyarakat yang akan mengurus perizinan KRK akan lebih paham tidak bolak-balik lagi ke kantor Pemkot lagi,” harapnya.

“Dengan pelayanan online ini harapan saya bisa meningkatkan iklim investasi di Semarang, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kota Semarang,” tandas Hendi.

Adapun cara mengakses layanan ini cukup mudah yaitu dengan menjalankan browser anda yang ada pada telepon genggam atau computer anda ke alamat www.dtkp.semarangkota.go.id dan pilih menu Layanan Online.

Sedangkan layanan capaian proses/progress untuk KRK dapat diakses melalui aplikasi QR Code pada Android/BB/Iphone yang akan memberikan informasi data permohon, lokasi yang dimohonkan, status bar, estimasi penyelesaian, dan biaya atau melalui SMS ke nomor 081227250666.

Selain melakukan peresmian layanan public pada saat itu pula dilaksanakan SosialisasiPerda Kota Semarang Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bangunan Gedung dan Perda Kota Semarang No. 20 Tahun 2011 tentang Ijin Gangguan. Dengan narasumber M. Irwansyah yang menjelaskan tentang Perda Bangunan Gedung dan Suwarto yang menjelaskan Perda Ijin Gangguan. (Bj05)