Home Ekbis Perkembangan Investor Domestik Perlu Diutamakan

Perkembangan Investor Domestik Perlu Diutamakan

Ilustrasi

Yogyakarta, 2/1 (Beritajateng.net) – Perkembangan investor domestik perlu diprioritaskan dalam konstribusi penanaman modal agar pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan masyarakat Indonesia secara lebih optimal, kata seorang akademisi.

“Kenyataannya hingga saat ini investasi asing selalu lebih besar nilainya,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Erwan Agus Purwanto di Yogyakarta, Jumat.

Pemerintah, menurut Erwan, jangan hanya berfokus mengundang pemodal asing untuk masuk Indonesia.

Perizinan terhadap masuknya investasi asing, menurut dia, justru perlu dikeluarkan secara lebih selektif sehingga tidak mengorbankan industri dalam negeri.

“Investasi asing memang masih sangat diperlukan menopang perekonomian, tapi perlu dicermati sektor mana yang boleh dan tidak,” kata dia.

Selain itu, kompetisi pemodal asing dengan pemodal domestik atau pemodal besar dan kecil, menurut dia, juga perlu diatur dengan regulasi yang tepat.

Erwan menilai, pemerintah perlu mengarahkan agar masuknya investasi asing terfokus hanya di sektor-sektor produksi berteknologi berat dan tinggi. Adapun sektor produksi dengan teknologi menengah dapat diprioritaskan bagi investor dalam negeri.

“Mestinya yang bisa digarap oleh bangsa sendiri tidak perlu melibatkan asing, seperti eksploitasi batu bara yang tidak memerlukan teknologi yang rumit,” kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, biaya perizinan bagi perusahaan dalam negeri juga harus dapat dikhususkan dengan tarif yang lebih murah sebab perizinan tambang yang masih terlalu mahal mengakibatkan dominasi perusahaan-perusahaan multinasional di dalam negeri. “Karena perusahaan tersebut yang mampu menjangkau,” kata dia.(ant/Bj02)