Home Headline Perkara Anak Penjarakan Ibu Kandung di Demak Berakhir Damai

Perkara Anak Penjarakan Ibu Kandung di Demak Berakhir Damai

169

Demak, 13/1 (BeritaJateng.net) – Viralnya kasus anak penjarakan ibu kandung yang terjadi di Kabupaten Demak, akibat adanya tindakan penganiayaan oleh ibu kandungnya sendiri tersebut berakhir haru, lantaran proses mediasi yang dilakukan pihak Kejaksaan Negeri Demak untuk mendamaikan kedua belah pihak berakhir dengan dicabutnya laporan dari sang anak agar kasus ini tidak naik di meja pengadilan.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Demak, Suhendra, mengatakan jika perkara ini sudah sering dilakukan upaya mediasi sejak bulan Agustus 2020 kemarin, meski demikian pihaknya akan tetap menjalankan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

” Kita ambil hikmahnya dalam kasus ini, kedepannya hal seperti ini tidak terulang lagi di kabupaten Demak,” tutur Kajari Demak.

Terkait permohonan pencabutan perkara yang diminta oleh korban dalam hal ini anak korban (AW) terhadap terlapor yang tidak lain adalah ibu kandung (S), Kajari Demak mengaku mengabulkan pencabutannya tersebut dengan mengambil langkah Restorasi Justice atau penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan pelaku dan korban, keluarga pelaku / korban dan pihak lain yang terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula dan bukan pembalasan.

” Kita bersukur perkara ini tidak naik ke persidangan, kedua belah pihak sudah saling memaafkan,” ucap Suhendra.

Perkara Anak Penjarakan Ibu Kandung di Demak Berakhir Damai

Sementara itu menurut AW menuturkan, jika langkah yang diambilnya merupakan keinginan pribadi tanpa ada tekanan dari pihak manapun, dirinya sudah memaafkan ibu kandungnya dengan tulus dan ikhlas.

” Saya tidak ada yang nyuruh, hal ini saya lakukan dengan sepenuh hati untuk mencabut kasus ini, bagaimanapun beliau adalah ibu kandung saya sendiri,” ucap AW sesaat menandatangani surat pencabutan perkara dihadapan Kajari Demak, Kapolres Demak dan pengacaranya.

Disisi lain, Ibu Kandung AW mengaku sangat berterima kasih kepada pihak Kejaksaan dan Kepolisian Demak yang telah memfasilitasi mediasi dirinya dengan anak kandungnya hingga berujung perdamaian.(BW/El)