Home Ekbis Perjalanan KA Kamandaka Jadi Tiga Kali Sehari

Perjalanan KA Kamandaka Jadi Tiga Kali Sehari

Vice Presiden PT KAI Daop IV Semarang Wawan Ariyanto meresmikan KA Kamandaka. Foto/SS

Semarang, 19/12 (Beritajateng.net) – Perjalanan Kereta Api (KA) Kamandaka yang semula hanya satu kali ditambah menjadi tiga kali perjalanan setiap hari untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru.

“Penambahan frekuensi KA Kamandaka jurusan Semarang-Purwokerto pulang pergi ini dimulai 19-31 Desember 2014,” kata Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IV Semarang Wawan Ariyanto di Semarang, Jumat.

Hal tersebut diungkapkannya usai meluncurkan penambahan frekuensi perjalanan KA Kamandaka, ditandai pemberangkatan jadwal pemberangkatan pertama KA Kamandaka pukul 05.00 WIB dari Stasiun Tawang.

Ia mengakui tiket beberapa KA dari Semarang sudah habis menjelang perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 sehingga ditambahlah frekuensi perjalanan KA Kamandaka untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Selama ini, okupansi (tingkat keterisian) KA Kamandaka setiap harinya kalau dirata-rata sampai 150 persen. Sebab, ada penumpang dinamis yang naik-turun di stasiun antara Semarang-Purwokerto,” ungkapnya.

Menurut dia, penyebab tingginya minat masyarakat yang menggunakan layanan angkutan transportasi KA kemungkinan karena masih adanya sejumlah perbaikan jalan di sepanjang jalur darat Pantai Utara Jawa.

“Ini tidak lepas dari pengaruh kemacetan di jalur Pantura akibat adanya perbaikan di sejumlah titik. Karena itu, masyarakat kemudian menjadikan KA sebagai transportasi favoritnya,” tukas Wawan.

Pada peluncuran KA Kamandaka pada jadwal pemberangkatan pertama itu, PT KAI Daops IV Semarang mengajak pula para komunitas pecinta KA yang ada di wilayah tersebut untuk ikut serta dalam perjalanan.

Seperti, Komunitas Railways Daops IV Semarang (KRDE) dan Indonesian Railways Preservation Society (IRPS) untuk ikut serta dalam perjalanan KA Kamandaka PP dari Semarang-Purwokerto, dan sebaliknya.

Dengan penambahan frekuensi perjalanan, KA Kamandaka yang berkapasitas 636 tempat duduk itu memiliki tiga jadwal keberangkatan per hari, yakni pukul 05.00 WIB, 11.10 WIB, dan 17.00 WIB dari Semarang.

Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto menambahkan ketersediaan tiket KA komersial kelas eksekutif dan ekonomi plus dari Semarang ke Jakarta, Malang, Bandung, dan Surabaya masih tersedia 70-80 persen.

“Itu untuk tanggal 24 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015. Namun, untuk KA ekonomi, seperti KA Tawang Jaya dari Semarang-Jakarta, tiketnya rata-rata sudah habis terjual,” pungkasnya. (ant/ss)

Advertisements