Home Headline Peringati HUT RI Ke-77, Lanal Semarang Akan Kibarkan Bendera Merah Putih di...

Peringati HUT RI Ke-77, Lanal Semarang Akan Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut Pulau Karimun

Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi

Semarang, 11/8(BeritaJateng.Net) – Menyambut perayaan HUT RI ke 77 dan pemecahan rekor Muri, Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang akan mengibarkan bendera merah putih dalam dasar laut, yang akan dilaksanakan di Dermaga Pulau Cemara Kecil, Karimun Jawa.

Pengibaran bendera merah putih menyambut HUT RI ke 77 ini merupakan acara serentak di seluruh Indonesia dan dilaksanakan 77 titik dasar laut. Nantinya kegiatan tersebut menggandeng berbagai komunitas selam yang berada di Semarang dibawah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Semarang serta Provinsi Jawa Tengah, serta Pangkalan TNI AL Semarang.

Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi, menjelaskan, bahwa kegiatan upacara pengibaran bendera di dalam laut sebenarnya berasal dari Angkatan Laut (AL) dan berlaku di seluruh Indonesia, yang terdiri dari dua program yakni jangka pendek dan jangka panjang.

”Untuk jangka pendek terdiri atas, pengibaran bendera secara serentak di 77 titik di seluruh Indonesia. Melibatkan sekitar 300 personel angkatan laut. Untuk Semarang, acara di Karimun Jawa,” tuturnya saat bertemu dengan awak media di Markas Lanal Semarang.

Tak hanya upacara bendera di dasar laut saja, Lanal Semarang mempunyai program lainya diantaranya, program pencegahan dan penanganan stunting yang didahului bersama Wakil Wali Kota Semarang Heaverita Gunaryanti Rahayu. Salah satunya melalui program sosialisasi pencegahan stunting, dengan mengkampanyekan gemar makan ikan.

Lanjutnya, diikuti dengan lomba memasak masakan olahan ikan yang dilakukan di atas kapal perang KRI Spica 934 pada pekan depan.

”Kami berencana akan mengundang anak-anak di perkampungan nelayan di sekitar pelabuhan Tanjung Emas. Hasil masakan tersebut, nantinya akan dibagikan kepada mereka,” terangnya.

Lanjutnya, Lanal Semarang juga akan menggelar lomba memancing dengan melibatkan sejumlah komunitas mancing di Kota Semarang.

Sementara itu untuk program jangka panjang berupa Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang merupakan program dari pemerintah dan TNI AL, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir laut.

”Rencana kegiatan di wilayah Pantura. Mulai dari kanupaten/kota Rembang hingga Kabupaten KendalKendal, yang merupakan teritorial wilayah Lanal Semarang. Untuk Kota Semarang, KBN dilaksanakan di Kampung Tanggul Sari, Mangunharjo, Tugu,” tambahnya. (Ak/El)