Home Lintas Jateng Peringati Hari Kartini, Sukini Penambal Ban Kenakan Kebaya

Peringati Hari Kartini, Sukini Penambal Ban Kenakan Kebaya

image

Solo, 21/4 (Beritajateng.net)- Banyak cara dilakukan untuk memperingati hari Kartini. Bukan hanya kalangan pelajar, instansi pemerintah saja yang memiliki semangat untuk ikut merayakan hari Kartini. 

Sukini (59), seorang wanita yang kesehariannya berprofesi sebagai seorang penambal ban wanita di kota Solo juga ikut memeriahkan hari Kartini dengan menggunakan kebaya saat melayani orang yang membutuhakan jasa untuk menambal ban yang bocor. Sukini, yang kesehariannya membuka bengkel tambal ban di sekitar jalan Dr Cipto Mangunkusumo  nampak cekatan dalam melakukan tugasnya. Baju kebaya yang dikenakannya tidak membuatnya merasa kesulitan dengan aktivitas untuk menambal ban sepeda dan sepeda motor.

Dengan kebaya berwarna merah, Sukini nampak luwes bekerja. Tangannya terlihat terampil untuk membuka ban, kemudian memerikasa dan menambalnya. “Pekerjaan sebagai penambal ban sudah saya lakoni sejak umur 14 tahun. Awalnya hanya melihat mertua.  Lama-lama bisa menambal sendiri,” ungkap Sukini, Selasa (21/4/2015).

Sukini merupakan ibu tiga anak, dan nenek dari 4 orang cucu, masih nampak segar dan sehat di usianya yang mendekati enam puluh. Namun Sukini mengaku enggan untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktifitas yang dilakoninya sejak puluhan tahun lalu.  

Sukini merupakan sosok wanita yang tekun dan gigih dalam pekerjaannya. Meski hasil yang didapatnya dalam sehari tidak menentu namun Sukini merasa sangat bersyukur dan tetap semangat dalam bekerja. 

“Sehari kadang dapat Rp 50 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, membantu suami,” jelasnya. Sukini adalah sosok wanita  yang sederhana dan menerima. Namun Sukini sangat berharap semua wanita di Indonesia harus kreatif dan semangat agar tidak selalu di rendahkan. (BJ24)

Advertisements