Home Headline Perhutani Blora Amankan Mobil Mengangkut Mobil Curian

Perhutani Blora Amankan Mobil Mengangkut Mobil Curian

Pencurian Kayu

Blora, 12/6 (BeritaJateng.net) –
Petugas Perhutani KPH Cepu, Blora berhasil menangkap pencuri kayu jati menggunakan mobil pribadi, yang sudah dimodifikasi secara khusus untuk mengangkut kayu jati curian.

Tertangkapnya pencurian itu bermula pada Kamis (11/6) sekira pukul 06.00 WIB Koordinator Keamanan KPH Cepu,  Agus Kusnandar menerima  laporan dari petugas Polisi Teretorial (Polter) BKPH Ledok, adanya sebuah  mobil pribadi yang selama ini dicurigai mencuri kayu jati dari kawasan hutan melintas di Desa Ngrao.

Ketika mendapat laporan itu,  Agus Kusnandar dengan didampingi Pabin, Iptu Budi Yuwono serta  dua anggotanya, segera  mengejar dengan menggunakan sepeda motor trail.

“Sesampainya di perbatasan antara Desa Ngrao dan Karangboyo,  kami menjumpai mobil jenis kijang Nopol K 9116 DN seperti yang dilaporkan,” jelas Agus Kusnandar, Jumat (12/6).

Mobil kijang itu segera dipepet dan diminta paksa untuk berhenti. Saat  dilakukan pemeriksaan, petugas gabungan Perhutani Cepu dan Polsek Cepu itu menemukan  7 batang kayu jati yang tidak dilengkapi dengan surat-surat yang resmi. Masing-masing  berukuran,  Panjang 260 cm diameter 22 cm, yang ditutupi dengan menggunakan kain bekas.

Dari pengakuan  sementara pembawa kayu jati itu, yakni Slamet Riyadi, warga RT 1 RW 1, Desa Karangboyo, Kecamatan Cepu, mengatakan kayu-kayu tersebut baru saja dibeli dari salah soerang pencuri kayu di wilayah RPH Giyanti BKPH Ledok. Rencananya kayu-kayu itu  akan dijual lagi ke pemesan yang sudah siap menunggu

Agus Kusnandar menyatakan sebenarnya pencurian kayu dengan   mengunakan mobil pribadi merupakan  modus lama yang sering dilakukan oleh para pencuri.

”Untuk mengungkapnya   diperlukan kejelian petugas, yakni harus rajin  mengawasi semua mobil yang keluar masuk desa yang berdekatan dengan kawasan hutan, untuk sementara ini pelaku dan barang bukti kita amankan,” tandasnya. (BJ31)