Home Ekbis Perempuan Pelaku Utama UMKM

Perempuan Pelaku Utama UMKM

srikandi hanuraJakarta, 30/1 (Beritajateng.net) – Ketua Umum Srikandi Hanura Miryam S Haryani mengatakan usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan sektor usaha penting bagi Indonesia untuk menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN dan perempuan merupakan pelaku penting dalam sektor UKM.

“Ada tiga tantangan besar yang dihadapi perempuan Indonesia ketika memasuki dunia usaha, yaitu rendahnya pendidikan, kurangnya kesempatan pelatihan bagi perempuan, keterbatasan dalam budaya serta kurangnya akses ke layanan pinjaman,” kata Miryam dalam Seminar Nasional dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-2 Srikandi Hanura bertajuk “Kesiapan Partisipasi Politik dan Ekonomi Wanita Menuju Indonesia Hebat” di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Koperasi dan UKM, dari total kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, 60 persen dikelola oleh kaum perempuan.

Untuk itu katanya pemerintah bekerjasama dengan swasta perlu mengambil kebijakan dan strategi khusus untuk memajukan perempuan pelaku UKM. Sehingga diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran perempuan agar mampu mengambil dan memanfaatkan setiap tantangan menjadi peluang dalam menghadapi era Masyarakan ASEAN yang sudah di depan mata ini.

Ia mengatakan Srikandi Hanura selalu berusaha untuk meningkatkan perspektif pentingnya peranan gender dalam hubungannya dengan status sosial, ekonomi, pendidikan politik dan kesehatan serta memperjuangkan aspirasi dan meningkatkan peranan perempuan muda di dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu, Sekjen Srikandi Hanura sekaligus Ketua Pelaksana Rapimnas, Anita Firdaus, berharap dengan terlaksananya Rapimnas tersebut, dapat dirumuskan perangkat organisasi Srikandi Hanura untuk memaksimalkan peluang perempuan dan mengubah tantangan menjadi peluang di Era Asean Free Trade Area.

“Kita siap membantu lembaga pemerintahan yang membutuhkan sumberdaya perempuan, khususnya dibidang ekonomi,” katanya.

Saat ini ada dua program yang diunggulkan oleh Srikandi Hanura Yaitu Gerakan Ekonomi Keluarga Mandiri yang sudah merealisasikan sejuta warung Srikandi dan Posyandu.(ant/Bj02)