Home Lintas Jateng Perbup Mengenai UU Desa Siap Disosialisasikan

Perbup Mengenai UU Desa Siap Disosialisasikan

deni hendarko

Jepara, 25/3 (beritajateng.net) – Peraturan Bupati (Perbup) mengenai Undang-undang Desa no.6 tahun 2014 saat ini siap untuk disosialisasikan kepada semua Desa yang ada di Kabupaten Jepara. Pasalnya, informasi terakhir, Perbup telah dikeluarkan usai melalui proses panjang baik di Bidang Hukum Pemkab Jepara.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bappermades) Jepara, Deni Hendarko. Menurutnya, Perbup tersebut akan disosialisasikan kepada seluruh Desa melalui Kecamatan masing-masing. Rencananya, pihaknya juga akan mengundang para Camat dan menjelaskan mengenai Perbup tersebut.

“Mekanisme tehnisnya nantilah menunggu waktu yang tepat saja. Kami siap mensosialisasikannya agar proses berikutnya segera dapat dilakukan,” ujar Deni.

Deni menjelaskan, ada beberapa hal yang ditekankan pada isi Perbup tersebut. Diantaranya mengenai persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh desa untuk mencairkan dana desa yang saat ini telah diplot dan dialokasikan sesuai Desa masing-masing oleh pihaknya.

“Kami sudah membagi plot dana untuk semua desa, sesuai dengan aturan yang ada yakni menyesuaikan dengan luas dan letak desa secara geografis, jumlah penduduk dan lain sebagainya,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh Desa adalah membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJS), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) dan Rancangan Anggaran Pemerintah Desa (RAPBDes).

“Dari Pemkab Jepara sudah memberikan pelatihan untuk pembuatan persyaratan-persyaratan itu. Jadi, kami optimis kalau mereka mampu membuatnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Pemkab Jepara juga melayani konsultasi terhadap isi dan tehnis pembuatan persyaratan tersebut. Konsultasi tersebut dapat dilakukan di Bidang Hukum Pemkab Jepara. Untuk itu, pihaknya berharap proses pencairan dana nantinya tidak akan ada masalah.(BJ18)

Advertisements