Home Headline Perbaikan Jembatan Ploso Dianggarkan Rp 7 M

Perbaikan Jembatan Ploso Dianggarkan Rp 7 M

jembatan ploso
Kudus, 21/1 (Beritajateng.net)– Ketua Komisi C DPRD kabupaten Kudus Agus Imakudin berharap, jembatan Ploso yang ambrol pada Senin (19/1) pagi, segera dibangun kembali. Pasalnya, jembatan yang menghubungkan Kota Kudus dengan jalur menuju Jepara tersebut sangat vital.
”Sebaiknya segera dilakukan perbaikan secara menyeluruh dan permanen. Perbaikannya tidak cukup dengan hanya bersifat darurat atau sementara,” katanya kepada sejumlah awak media, Rabu (21/1).
Ditegaskan, dana untuk pembanguna jembatan yang pernah diperbaiki pada Mei 2014 lalu ini sudah tersedia dalam APBD Kudus 2015 sebesar Rp 7 miliar. Menurutnya, dana sebesar itu berasal dari bantuan gubernur (Bangub) sebesar Rp 6 miliar dan dana pendamping dari APBD Kudus sebesar Rp 1 miliar.
Dengan telah dianggarkannya pembangunan tersebut, pihaknya berharap segera dilakukan perencanaan selanjutnya proses lelang. Politisi PDIP yang membidangi pembangunan ini juga menegaskan, kalau persiapannya dimulai dari sekarang, masyarakat bisa segera menikmati hasilnya.
Dia juga mengatakan, jembatan tersebut merupakan infrastruktur penting untuk menopang perekonomian dan aktifitas warga. Pasalnya, area sekitar kota hanya terdapat tiga jembatan yang melintasi Sungai Gelis.
”Satu jembatan lain berada di Jalan Sunan Kudus, sementara satunya lagi yang di gang empat dan kurang representatif, karena tak begitu lebar. Jadi keberadaan jembatan ini sangat penting,” imbuhnya.
Sementara anggota Komisi C lainnya, Rochim Sutopo menambahkan, selain membangun kembali jembatan yang ambrol tersebut, dia juga minta talud yang berada di sisi utara jembatan juga mendapat perhatian. Dikatakan, ada beberapa titik talud yang kondisinya cukup menghawatirkan dan harus dilakukan perbaikan.
“Kalau tidak segera dianggarkan untuk perbaikan, tentu kondisinya akan semakin parah,” pungkasnya. (BJ12)