Home News Update Perayaan 100 Tahun SD Kartini Semarang

Perayaan 100 Tahun SD Kartini Semarang

Pejabat Pendidikan Kota Semarang berfoto bersama

Pejabat Pendidikan Kota Semarang berfoto bersama

Semarang, 30/1 (BeritaJateng.net) – Sekolah Dasar Sarirejo Semarang atau dulunya SD Kartini mengadakan perayaan 1 Abad (100 tahun) berdirinya gedung SD Kartini, Jumat.

Perayaan 100 tahun berdirinya SD Kartini dihadiri Perwakilan Dirjen Kebudayaan, Kepala UPTD dan dinas terkait.

Ketua Arsitektur Indonesia, Bambang Eryudhawan menjelaskan, SD Kartini awalnya berdiri di Jalan Jomblang pada September 1913. Selanjutnya, pada 11 Januari 1918, SD Kartini mulai di bangun.

“Jalan Kartini dulu tidak ada, sekolah yang dibangun dengan nama Kartini karena terinspirasi oleh sosok RA Kartini,” paparnya.

Menurutnya, gedung SD Kartini di rancang dan di bangun oleh insinyur arsitektur Maclaine Pont yang juga merancang stasiun Tawang, sehingga bangunan yang dimiliki SD Kartini tetap kokoh berdiri hingga sekarang.

Yang menarik, lanjutnya, dulu SD Kartini memiliki masa belajar hingga 7 tahun serta pembelajaran bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar, serta pada kelas 4, mengajarkan bahasa Jawa dan Melayu.

Kepala Sekolah SD Sarirejo Semarang, Ana Fitriyah mengatakan, peringatan ini sangat penting, karena kita menghormati dan meneruskan perjuangan pahlawan nasional RA. Kartini.

“Kami kembalikan kurikulum pembelajaran muatan lokal yang dulunya pernah diajarkan, seperti membatik, bahkan kami minta kepada Dirjen Kebudayaan untuk mengembalikan nama SD Sarirejo Semarang menjadi SD Kartini, sesuai namanya sediakala,” paparnya. (BJ05)