Home Headline Perangi Covid-19, Tugas Tenaga Medis Sangat Mulia

Perangi Covid-19, Tugas Tenaga Medis Sangat Mulia

528

SEMARANG, 8/5 (Beritajateng.net) – Tenaga Medis memiliki peran yang sangat mulia di masa pandemi Covid-19. Mereka berada di garda terdepan dalam perang melawan virus yang penularannya sangat cepat ini dan memiliki resiko penularan sangat tinggi.

“Tugas tenaga medis sangat mulia, di masa pandemi ini tenaga medis tidak boleh sakit,” ungkap Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto saat menyerahkan bantuan APD di Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang, Jumat (8/5).

Pria yang biasa disapa Bambamg Krebo ini menjelaskan, perang terhadap Covid-19 terbagi dalam 3 tahap yaitu pencegahan yang dilakukan oleh semua unsur masyarakat dengan melakukan pembatasan sosial dengan tetap tinggal di rumah. Tahap berikutnya adalah perawatan yang dilakukan oleh tenaga medis dan ketiga adalah pemulihan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Tenaga medis harus disupport APD yang cukup agar tugasnya terlindungi,” katanya.

Semua tenaga media tidak terkecuali yang bertugas di Puskesmas harus selalu mengenakan APD. Hal ini dipandang penting mengingat sampai saat ini sudah banyak yang gugur dalam merawat pasien positif Covid-19.

“Kita tidak tahu orang yang datang ke Puskesmas itu terpapar virus apa tidak,” beber Krebo.

Kepala Puskesmas Bergas dr. Aam Amelia yang menerima bantuan didampingi Camat Bergas LM Maladi menyampaikan, bantuan APD untuk paramedis sangat besar manfaatnya bagi jajarannya mengingat stok yang dimiliki sangat terbatas.

“Bantuan ini menambah semangat kami dalam melayani masyarakat. Semoga semua tenaga medis dan masyarakat diberi kesehatan,” pungkasnya.

Alat pelindung diri (APD) yang diberikan ke Puskesmas Bergas berasal dari DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah berupa Baju Hazmat, Masker, Face Shield dan Cairan Disinfektan.

(NK)