Home News Update Penyuluhan Etika Lingkungan Masyarakat Undip Tembalang

Penyuluhan Etika Lingkungan Masyarakat Undip Tembalang

528
Penyuluhan Etika Lingkungan Masyarakat Undip Tembalang

Semarang, 21/5 (BeritaJateng.net) – Puluhan mahasiswa D3 PR Undip menggelar penyuluhan etika di lingkungan masyarakat di aula Kelurahan Tembalang Semarang.

Acara penyuluhan ini digelar berdasarkan riset yang telah dilakukan di wilayah Tembalang. Sebagian besar dari Mahasiswa menunjukan tindakan yang kurang sopan terhadap warga sekitar, dari laporan beberapa warga juga menyampaikan hal tersebut.

Margono selaku Lurah Kecamatan Tembalang mengungkapkan bahwa Keberadaan Kampus Undip di kelurahan tembalang ini memiliki banyak sekali dampaknya. Diantaranya mulai dari kemacetan yang merajalela, hingga tindakan kriminalitas yang saat itu berada pada puncaknya pada tahun 2012.

“Saat itu kriminalitas banyak sekali terjadinya diantaranya pencurian sepeda motor dan barang-barang elektronik milik mahasiswa. Tetapi, beruntungnya kriminalitas di wilayah Tembalang saat ini mulai berkurang,” ungkapnya saat mengisi penyuluhan di aula Kelurahan Tembalang.

Ia juga menambahkan bahwa banyak dampak positif juga, seperti perekonomian warga tembalang yang sangat pesat, karena dibukanya rumah kos untuk mahasiswa.

Acara yang dihadiri mahasiswa sekitar Tembalang ini, juga mendapat berbagai tanggapan positif dari para mahasiswa yang hadir.

Lakshita Putri, Salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Semarang mengatakan Bahwa sebelumnya belum memahami tentang adanya kartu domisili sementara.

“Dari yang sebelumnya saya kurang memahami bagaimana saya harus bertindak, dan ternyata ada kartu domisili juga yang harus kitabdapatkan di Kelurahan, jadi sekarang sedikit banyak saya mulai mengerti.” katanya.

Dengan diadakannya penyuluhan yang seperti ini diharapkan mahasiswa menyadari akan pentingnya beretika yang baik dan benar. Karena Mahasiswa juga berada dilingkungan kelurahan Tembalang yang masih dapat disebut daerah yang sanggat kondusif. Diharapkan juga mahasiswa ikut berperan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat. Baik itu kegiatan yang ringan seperti kerja bakti maupun kegiatan dalam mententramkan lingkungan.

Selanjutnya, tak hanya mengenai penyuluhan saja, hasil riset ini juga dikembangkan melalui penempelan poster tentang penanaman etika dalam bermasyarakat pada tiap-tiap kos yang dihuni Mahasiswa di daerah Tembalang. Poster itu sengaja di tempatkan pada kos Mahasiswa yang bertujuan untuk mengingatkan Mahasiswa akan pentingnya beretika. (BJ)